Presiden Resmikan Bendungan Karian yang Baru Selesai Dibangun Waskita Karya

Presiden Resmikan Bendungan Karian yang Baru Selesai Dibangun Waskita Karya
Presiden Jokowi meresmikan penggunaan Bandungan Karian yang baru saja selesai dibangun Waskita Karya. Foto: Waskita Karya.

jpnn.com - BANTEN - Presiden Joko Widodo meresmikan penggunaan Bendungan Karian yang baru saja selesai dibangun PT Waskita Karya (Persero) di Kabupaten Lebak, Banten, Senin (8/1).

"Bendungan ini menjadi salah satu bendungan terbesar. Ini akan memberikan manfaat di Provinsi Banten serta di Provinsi DKI Jakarta dan sebagian kecil di Provinsi Jawa Barat,” ujar Jokowi saat peresmian.

Presiden juga mengatakan Bendungan Karian memberikan manfaat irigasi bagi 22 ribu hektare sawah yang berada di Kota Tangerang, Jakarta bagian Barat dan juga Kabupaten Bogor.

"Bendungan ini bermanfaat bagi pengendali banjir di Kabupaten Serang dan Kecamatan Rangkasbitung. Bendungan ini juga berfungsi sebagai pembangkit tenaga listrik tenaga mikrohidro yang menghasilkan listrik 1,8 MW,” ucapnya.

Seremoni peresmian dilakukan di Bendungan Karian, Rangkasbitung, Lebak, Banten.

Turut hadir dalam peresmian Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto dan Pj Gubernur Banten Al Muktabar.

Turut mendampingi Direktur Utama Perseroan Muhammad Hanugroho dan Direktur Operasi II Dhetik Ariyanto.

Direktur Utama Waskita Karya Muhammad Hanugroho menjelaskan proyek yang menggunakan dana hibah dari Economic Development Cooperation Fund (EDCF) Korea Selatan dan APBN ini merupakan bendungan terbesar ketiga di Indonesia dan menjadi langkah positif bagi pemerintah untuk mengelola air dan energi.

Presiden Jokowi meresmikan penggunaan Bandungan Karian yang baru saja selesai dibangun Waskita Karya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News