Presiden Ukraina Siapkan Pertempuran Penghabisan jika Rusia Rebut Kyiv

Presiden Ukraina Siapkan Pertempuran Penghabisan jika Rusia Rebut Kyiv
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Foto: ANTARA FOTO/Ukrainian Presidential Press Service-via Reuters TV/Handout/hp

jpnn.com, KYIV - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berkoar akan bertindak habis-habisan dalam mempertahankan Kyiv dari invasi Rusia.

Menurutnya, tentara Rusia akan menghadapi pertempuran sampai penghabisan jika terus berupaya merebut ibu kota Ukraina itu.

"Jika mereka memutuskan pengeboman besar-besaran dan menghapus sejarah wilayah ini... dan menghancurkan kami semua, lalu mereka memasuki Kyiv. Kalau itu tujuannya, biarkan mereka masuk, tetapi mereka harus tinggal (mati) di tanah ini," kata Zelenskiy, Sabtu (13/3).

Menurut dia, beberapa kota kecil di Ukraina telah terkepung sejak Rusia memulai invasi pada 24 Februari lalu. Sekitar 2,5 juta rakyat Ukraina juga mengungsi ke negeri-negeri tetangganya.

Pada Sabtu (12/3), Badan Intelijen Ukraina menyebut pasukan Rusia membunuh tujuh warga sipil yang mencoba melarikan diri dari serangan di dekat Kyiv.

Zelensky mengungkapkan sekitar 1.300 tentara Ukraina tewas saat melawan invasi Rusia. Presiden berlatar belakang komedian itu pun  mendesak Barat segera terlibat dalam negosiasi perdamaian.

 "Kami masih harus terus bertahan. Kami masih harus berjuang," tegas Zelensky.(The Straits Times/mcr9/jpnn)


Beberapa kota di Ukraina telah terkepung sejak Rusia memulai invasi pada 24 Februari lalu. Kini, Ukraina fokus pada upaya mempertahankan ibu kotanya, Kyiv.


Redaktur : Antoni
Reporter : Dea Hardianingsih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News