Presiden Ukraina Tinggalkan Mansion Mewah Hasil Menjarah

Dilengkapi Ruang Casion dan Toilet Bersepuh emas

Presiden Ukraina Tinggalkan Mansion Mewah Hasil Menjarah
Properti peninggalan Presiden Ukraina, Viktor Yanukovych di Mezhyhirya, sekitar 12 mil dari Kiev. Foto: Mirror/Twitter

jpnn.com - KIEV - Presiden Ukraina yang baru saja digulingkan, Viktor Yanukovych bukan hanya harus meninggalkan kursi kekuasaan yang telah digenggamnya selama empat tahun ini. Pemilik nama Viktor Fedorovych Yanukovych itu juga terpaksa meninggalkan properti mewahnya di Ukraina di tengah-tengah protes massal oleh para penentangnya.

Yanukovych meninggalkan properti berupa mansion di atas lahan seluas 343 acre di Mezhyhirya, sekitar 12 mil dari ibu kota Ukraina, Kiev. Di dalam mansion mewah itu ruang pesta, casino, serta koleksi berbotol-botol vodka.

Bahkan, untuk urusan buang hajat di mansion itu pun tak kalah mewahnya. Pasalnya, toilet di mansion itu  berlapis emas.

Tak hanya itu, di garasi mansion itu juga bertengger belasan mobil mewah. Koleksinya termasuk motor dan dan mobil antik.

Sementara di luar mansion, terdapat danau buatan dengan kapal bajak laut di atasnya. Selain itu, mansion milik Yanukivych yang diduga dari hasil menjarah uang negara itu juga dilengkapi kebun binatang pribadi dengan koleksi hewan seperti merak, babi, domba, hingga antelop.

Selama ini, Yanukivych tak ingin asetnya itu diketahui publik. Nilainya diperkirakan mencapai USD 100 juta atau sekitar Rp 1,2 triliun.

Karenanya begitu Yanukovych meninggalkan Ukraina di tengah gelombang protes yang meluas, warga di negara bekas bagian Uni Soviet itu berbondong-bondong mendatangi properti peninggalan pria kelahiran 9 Juli 1950 itu. Mansion mewah itu ditinggalkan tanpa penjaga.  

Kelihatannya,  Yanukovych maupun keluarga dan pengawalnya meninggalkan tempat itu terburu-buru. Wartawan dan warga Ukraina yang mendatangi mansion mewah itu menemukan dokumen berserakan. Bahkan ada dokumen tentang daftar nama wartawan yang di-blacklist berserakan di dekat sungai.

KIEV - Presiden Ukraina yang baru saja digulingkan, Viktor Yanukovych bukan hanya harus meninggalkan kursi kekuasaan yang telah digenggamnya selama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News