Pria Juga Bisa Terserang HPV penyebab Kanker Serviks

Pria Juga Bisa Terserang HPV penyebab Kanker Serviks
Ilustrasi pria. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Human papilloma virus (HPV) penyebab kanker serviks pada perempuan, rupanya juga dapat menyerang kaum pria.

Hal itu dikatakan Ketua Umum Himpunan Onkologi dan Ginekologi Indonesia (HOGI) Prof. Dr. dr. Andrijono, SpOG, K-onk.

"Selain menyebabkan kanker serviks pada perempuan, virus HPV juga dapat menyebabkan beberapa penyakit kulit dan kelamin pada laki-laki," ujar Andrijono dalam webinar bertajuk "Lindungi Diri dan Orang Terkasih dari Kanker Serviks" pada Sabtu (30/1).

Dilansir dari laman Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit AS (CDC), HPV dapat menular melalui hubungan suami istri.

Oleh sebab itu, kaum pria bisa terpapar virus penyebab kanker serviks ini bila berhubungan suami istri dengan perempuan yang terinfeksi HPV.

Andrijono yang berpraktik di RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) itu menjelaskan bahwa seseorang dapat terinfeksi HPV tanpa memperlihatkan gejala atau tanda-tanda yang spesifik.

Sebagian besar infeksi HPV pada pria memang dapat hilang dengan sendirinya dan tidak menyebabkan masalah kesehatan apa pun.

Namun, jika infeksi tidak kunjung sembuh, ada kemungkinan gejala HPV berkembang beberapa bulan atau tahun setelah terinfeksi.

Ketahuilah, pria juga bisa terserang human papilloma virus (HPV) penyebab kanker serviks.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News