Pria Lebih Suka Gunakan Kondom

Pria Lebih Suka Gunakan Kondom
Pria Lebih Suka Gunakan Kondom
JAKARTA - Peserta KB pria ternyata lebih suka memilih alat kontrasepsi kondom dibandingkan mengikuti KB dengan cara Vasektomi/Medis Operasi Pria (MOP). Jumlah peserta KB pria yang menggunakan kondom dari tahun ke tahun meningkat jauh lebih besar dibandingkan MOP. Kepala Bagian Humas Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) U. Kusmana mengatakan, rata-rata kaum pria lebih menyukai kondom ketimbang vasektomi karena kondom lebih mudah didapatkan dan lebih mudah menggunakannya.

"Kalau MOP kan harus memenuhi beberapa persyaratan medis dan melalui prosedur yang ditetapkan sesuai standar pelayanan operasi," katanya di kantor BKKBN kemarin.

 

Karena itu, lanjut dia, BKKBN menyediakan paket kondom gratis untuk penggunaan beberapa bulan di tempat-tempat pelayanan pemerintah seperti puskesmas atau klinik-klinik KB. Kondom juga bisa didapatkan di mobil-mobil KB yang berkeliling. Bagaimana dengan MOP?  "Kalau MOP harus dilakukan di tempat khusus yang sudah memenuhi standar," ujar dia.

Kusmana menjelaskan, kondom yang digunakan dan dibeli BKKBN merupakan kondom yang diproduksi  PT Rajawali Banjaran Bandung. "Jadi tidak benar seperti yang diungkapkan Dirut PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) bahwa BKKBN menggunakan kondom impor dari China dan Eropa," tandas dia.

JAKARTA - Peserta KB pria ternyata lebih suka memilih alat kontrasepsi kondom dibandingkan mengikuti KB dengan cara Vasektomi/Medis Operasi Pria

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News