Prioritas, Internet di Papua Barat dan Malut

Prioritas, Internet di Papua Barat dan Malut
Prioritas, Internet di Papua Barat dan Malut
JAKARTA --Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Muhammad Nuh mengatakan, hingga saat ini masih ada beberapa daerah di Indonesia yang belum tersentuh dengan jaringan internet karena faktor kondisi keterbatasan infrastruktur di daerah tersebut. “Memang ada beberapa wilayah atau daerah yang masih belum terjangkau karena keterbatasan infrastruktur di wilayah itu. Terhadap daerah seperti ini kami akan melakukan pekerjaan-pekerjaan secara khusus,” ungkap Mendiknas di kantornya, Jakarta, Selasa (5/1).

Pekerjaan secara khusus yang dimaksud tersebut, terang Mendiknas, antara lain mensinergikan dengan program dari departemen lain. Misalnya, karena ketiadaan listrik dan jaringan di satu wilayah, Depdiknas akan mengajak PLN dan pihak operator telekomunikasi, untuk menyediakan fasilitas tersebut. “Kami memang tidak bisa berbuat banyak jika infrastruktur dasar untuk penyambungan atau penyediaan internet di wilayah itu tidak ada,” imbuhnya.

Disebutkan, untuk program penyediaan internet yang semula ditargetkan hanya 17.500  titik, ternyata kini yang terpasang mencapai 18.358 titik. Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (Pustekom), Lilik Gani juga menambahkan, infrastruktur di Papua Barat dan Maluku Utara hingga saat ini masih minim dan belum terjangkau program penyediaan internet.

“Kami akan melakukan percepatan-percepatan untuk dua wilayah ini, sehingga akan tercapai program penyediaan internet secara merata,” terangnya. Dia mengatakan, jaringan tersebut diprediksikan akan tersambung pada kuartal pertama tahun 2010.

JAKARTA --Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Muhammad Nuh mengatakan, hingga saat ini masih ada beberapa daerah di Indonesia yang belum tersentuh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News