Pro-Thaksin Membeludak, Abhisit Bergeming

Pro-Thaksin Membeludak, Abhisit Bergeming
Foto: AFP
BANGKOK - Abhisit Vejjajiva pantang surut meski gelombang demonstran yang mendesak dia mundur dari kursi perdana menteri (PM) kian besar. Hari kedua kemarin (27/3), pengunjuk rasa pro-Thaksin Shinawatra yang mengepung Wisma Negara diperkirakan berjumlah sekitar 30 ribu.

"Apakah perlu mengundurkan diri atau tidak adalah masalah politis dalam sistem pemerintahan," cetus Abhisit di Kantor Pusat Partai Demokrat seperti dilansir Associated Press kemarin. "Sampai sekarang semuanya masih normal," tambahnya. Dia berharap agar aksi protes yang disebut-sebut terbesar dalam pemerintahannya itu dilakukan secara damai, jangan sampai anarkis.

Abhisit kemudian bertolak ke gedung parlemen. Belum diketahui tujuannya. Namun, Wakil PM Suthep Thuaksuban menyatakan, aparat akan memastikan keamanan gedung sebelum Abhisit dan anggota kabinet memasukinya.

Massa berkaus merah itu bertekad untuk berunjuk rasa sampai sang PM mundur. Mereka menganggap bahwa naiknya sang PM tiga bulan lalu inkonstitusional. Karena itu, pro-Thaksin menuntut pembubaran parlemen dan pemilu ulang. "Kami akan terus berdemo hingga pemerintahan yang tidak sah ini lengser," tegas pimpinan demo Nattawut Sai-kua.

BANGKOK - Abhisit Vejjajiva pantang surut meski gelombang demonstran yang mendesak dia mundur dari kursi perdana menteri (PM) kian besar. Hari kedua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News