Produk Lokal Terancam Produk Luar

Produk Lokal Terancam Produk Luar
Produk Lokal Terancam Produk Luar
JAKARTA--Menghadapi tantangan Indonesia sebagai komunitas ASEAN, daerah-daerah diminta lebih memperkuat ketahanan di wilayahnya masing-masing. Pasalnya, dengan adanya kerja sama negara-negara ASEAN, perdagangan bebas tak dapat dihindarkan.

"Kalau daerah-daerah tidak bisa mempertahankan diri dengan produk lokalnya, sudah pasti akan dilibas produk luar. Apalagi dalam kesepakatan negara-negara ASEAN disebutkan akan memperkuat kerja sama di bidang infrastruktur, transportasi, telekomunikasi, ketahanan pangan dan energi serta permasalahan buruh imigran," tutur Ketua Dewan Perwakilan daerah (DPD) RI Irman Gusman di Jakarta, Rabu (11/5).

Selain itu, KTT ASEAN juga mengharapkan kerja sama tidak hanya berlangsung di tataran elite saja, tetapi sampai ke masyarakat. "Kalau masyarakat di daerah tidak siap, sudah pasti akan kalah bersaing," cetusnya.

Irman juga mengkritisi membanjirnya produk China di pasaran lokal. Banyaknya peredaran produk China ini akan semakin mengancam industri lokal yang secara tidak langsung akan mengancam ketersediaan lapangan kerja dalam negeri.

JAKARTA--Menghadapi tantangan Indonesia sebagai komunitas ASEAN, daerah-daerah diminta lebih memperkuat ketahanan di wilayahnya masing-masing. Pasalnya,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News