Produk Perikanan Indonesia Diminati Warga Vietnam

Produk Perikanan Indonesia Diminati Warga Vietnam
Dagangan ikan asin di Pasar Mandonga Kendari. Foto: ANTARA/ Azis Senong

jpnn.com, HO CHI MINH - Produk perikanan Indonesia, yang dibawa empat perusahaan untuk mengikuti pameran Vietfish 2019 yang berlangsung di Saigon Exhibition and Convention Center di Ho Chi Minh City, diminati masyarakat Vietnam.

Pameran produk perikanan di Vietnam itu berlangsung selama tiga hari, pada 29-31 Agustus 2019, menurut keterangan tertulis KBRI Hanoi yang diterima di Jakarta, Senin.

KBRI Hanoi dan KJRI Ho Chi Minh City memfasilitasi empat perusahaan untuk mengikuti pameran itu, yakni Perum Perikanan Indonesia, PT. Prima Pangan Madani, PT. Fresh On Time Seafood, dan PT. Jawa Suisan Indah.

Selama tiga hari pameran, keempat perusahaan berhasil membukukan transaksi potensial sebesar 24,9 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau senilai Rp354 miliar.

Dengan capaian itu, Duta Besar RI untuk Vietnam Ibnu Hadi berharap nilai ekspor produk perikanan Indonesia ke Vietnam pada 2019 bisa menembus 120 juta dolar AS.

BACA JUGA: Bu Susi Pengin Anambas jadi Pionir Industri Perikanan dan Pariwisata Berkelanjutan

Produk perikanan merupakan komoditas ekspor Indonesia ke Vietnam terbesar ke-12. Pada periode Januari-Juni 2019, total nilai ekspor produk perikanan Indonesia ke Vietnam mencapai 55 juta dolar AS atau naik sekitar 49 persen dari periode yang sama pada 2018 sebesar 36,9 juta dolar AS.

Produk unggulan dari keempat perusahaan yang ditawarkan di "Paviliun Indonesia" dalam pameran produk perikanan itu, antara lain kakap merah, tuna sirip biru, tongkol, cakalang, mackerel, ikan Mahi Mahi, ikan kerapu, ikan kakatua, belanak merah, ikan pita, sotong, cumi-cumi, kakap merah, gurita, ikan bandeng, belut, udang vannamei, tuna kuning, bayi gurita, rajungan biru, udang tepung roti, udang goreng ebi.

Produk perikanan Indonesia, yang dibawa empat perusahaan untuk mengikuti pameran Vietfish 2019 yang berlangsung di Saigon Exhibition and Convention Center di Ho Chi Minh City

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News