Produksi Beras Ditarget Naik 10 Persen per Tahun

Produksi Beras Ditarget Naik 10 Persen per Tahun
Ilustrasi beras. Foto: Radar Tarakan/JPNN

jpnn.com, BALIKPAPAN - Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura (DPTPH) Kalimantan Timur Ibrahim mengatakan, produksi beras pada 2018 lalu mencapai 257.319 ton.

Di sisi lain, kebutuhan beras mencapai 327.628 ton. Artinya Kaltim baru bisa memenuhi sekitar 78,54 persen kebutuhan atau masih defisit 70.309 ton beras.

“Kami targetkan per tahun minimal produksi beras meningkat sepuluh persen sehingga pada 2023 kita sudah bisa swasembada,” terangnya, Rabu (26/6).

BACA JUGA: Lippo Karawaci Tawarkan Hunian Menawan via Axia III

Hal itu dilakukan untuk meminimalisasi ketergantungan beras dari luar Kaltim. Saat ini pihaknya menetapkan kecamatan strategis sebagai sentra beras.

Di antaranya, empat kecamatan di Penajam Paser Utara (PPU), sepuluh kecamatan di Paser, 13 kecamatan Berau, 18 kecamatan di Kutai Timur, dan 18 kecamatan Kutai Kartanegara.

“Tidak semua menjadi sentra. Kalau ditotal dari seluruh kecamatan itu, ada 50 yang tersebar di seluruh kabupaten tersebut. Sisanya ada menghasilkan beras, tetapi tidak dijadikan sentra,” ujarnya.

Menurutnya, untuk 50 kecamatan tersebut saat ini sudah berhasil memproduksi beras.

Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura (DPTPH) Kalimantan Timur Ibrahim mengatakan, produksi beras pada 2018 lalu mencapai 257.319 ton.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News