Produser Cantik Ini Menghilang Usai Ditangkap Tentara

Selasa, 08 Juni 2021 – 21:41 WIB
Produser Cantik Ini Menghilang Usai Ditangkap Tentara - JPNN.com
Produser asal Myanmar. Foto: ANTARA/Variety

jpnn.com, JAKARTA - Sineas cantik asal Myanmar, Ma Aeint menghilang setelah ditangkap oleh pihak berwenang setempat awal bulan ini.

Pihak keluarga hingga kini tidak mengetahui keberadaan produser dan salah satu penulis Money Has Foue Legs itu.

Mereka juga tidak mendapat penjelasan formal atas penahanan Ma Aeint yang tiba-tiba, dilansir Variety pada Selasa (8/6).

Ma Aient dijemput oleh pihak berwenang di Yangon, tak lama setelah meninggalkan rumah pada 5 Juni 2021. Keesokan harinya, anggota keluarga di Myanmar diberitahu tentang penangkapannya.

Mereka diberitahu bahwa Ma Aient ditempatkan di tempat interogasi yang dirahasiakan. Tidak ada komunikasi dengannya sejak dia menghilang.

Hilangnya Ma Aeint membuat khawatir institusi film di Asia, bahkan, Festival Film Busan mengeluarkan pernyataan yang mendesak penghormatan atas keselamatan dan hak-hak sipilnya.

"Masyarakat dan pembuat film Myanmar termasuk produser, Ma Aeint menghadapi kenyataan yang mengerikan dalam ketakutan akan nyawa mereka," kata Festival Film Busan dan festival film Korea lainnya dalam sebuah pernyataan email.

Pernyataan tersebut ditandatangani bersama oleh sebelas festival film lain di Korea Selatan. SEAFIC yang berbasis di Thailand pun melakukan hal yang sama.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...