JPNN.com

Prof Ahmad: Jaminan Keselamatan Mutlak Didapatkan Penumpang Saat Terbang

Senin, 25 Januari 2021 – 04:08 WIB
Prof Ahmad: Jaminan Keselamatan Mutlak Didapatkan Penumpang Saat Terbang - JPNN.com
Beberapa pesawat sedang terparkir. Foto Ilustrasi/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Jaminan keselamatan mutlak didapatkan oleh penumpang saat mereka membeli tiket pesawat.

Untuk itu perawatan armada yang optimal menjadi salah satu komponen yang harus dilakukan oleh operator maskapai.

Hal itu disampaikan oleh Dekan & Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Tarumanegara yang juga pakar penerbangan Prof. Dr. Ahmad Sudiro.

Dia mengatakan seluruh biaya operasional yang ada pada maskapai itu pada akhirnya dibebankan kepada konsumen.

Hal ini karena tarif yang ditetapkan oleh pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) saat ini ada perhitungan biaya per kilometernya dan termasuk di dalamnya ada biaya maintenance untuk armada yang digunakan. 

"Dengan pehitungan itu bisa dikatakan dalam harga tiket tersebut maka penumpang juga membeli rasa aman dan nyaman selama penerbangan. Dan dapat saya katakan kalau safety itu memerlukan biaya yang tidak murah, terlebih lagi dengan tarif full service selain dengan memberikan pelayanan yang terbaik maka faktor keselamatan akan lebih utamakan," kata Ahmad.

Untuk ini dirinya meyakini pihak maskapai yang mengenakan tarif full service kepada calon penumpangnya akan sungguh-sungguh memberikan rasa aman. 

Hal itu dilakukan dengan perawatan aramda yang optimal, pengecekan secara berkala dan juga mempercayakan pengoperasian pesawat kepada pilot-pilot yang andal.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...