JPNN.com

Prof Keri Ungkap Jumlah Apoteker Terpapar Covid-19 Secara Nasional

Selasa, 22 September 2020 – 12:16 WIB
Prof Keri Ungkap Jumlah Apoteker Terpapar Covid-19 Secara Nasional - JPNN.com
Ilustrasi tes Covid-19. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Bidang Apoteker Advance dan Spesialis PP Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Prof Dr Keri Lestari mengungkap jumlah apoteker yang terpapar Covid-19 di seluruh Indonesia.

Menurut Prof Keri, apoteker yang terinfeksi wabah asal Wuhan, Tiongkok itu sekitar 800-an orang secara nasional.

"Kami sedang melakukan pembaruan data. Sebagian dari mereka sudah sembuh dan melakukan isolasi mandiri. Namun, ada juga yang meninggal," ungkap Prof Keri saat diskusi daring, Selasa (22/9).

Meski demikian, ketua Gugus Tugas Covid-19 IAI ini menyadari kondisi tersebut bentuk dari risiko tanggung jawab dan pengabdian apoteker terhadap masyarakat dalam menghadapi pandemi ini.

"Terutama dalam mengawal penggunaan obat yang memang rasional dan mempunyai manfaat bagi masyarakat," kata perempuan berhijab itu.

Di masa pandemi ini, Ikatan Apoteker Indonesia memiliki bertugas memberikan pelayanan obat kepada tenaga kesehatan dan masyarakat.

Pelayanan tersebut dilakukan baik secara langsung di apotek, rumah sakit maupun di Puskesmas. "Ikatan Apoteker Indonesia terus berusaha memberikan yang terbaik bagi masyarakat di tengah pandemi COVID-19," lanjut Prof Keri.

Selain itu, kata Guru Besar Bidang Farmakologi Universitas Padjadjaran (Unpad) ini, IAI juga ingin memastikan standar operasional prosedur dalam penyaluran obat terhindar dari paparan coronavirus.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
fathra