Prof Sembel: Hanya Perusahaan yang Memiliki CEO & Direktur Keuangan Jempolan Bisa Bertahan 

Prof Sembel: Hanya Perusahaan yang Memiliki CEO & Direktur Keuangan Jempolan Bisa Bertahan 
Perusahaan yang memiliki CEO dan direktur keuangan yang jempolan bisa bertahan, bahkan berkembang  di situasi menantang ini. Foto tangkapan layar zoom 

jpnn.com, JAKARTA - Dunia usaha dihadapkan pada kondisi yang penuh tantangan selepas pandemi Covid-19.

Hal ini tidak lepas dari kondisi ekonomi dunia yang terpengaruh dampak perang Rusia dan Ukraina sehingga membuat ekonomi global tak menentu, inflasi, melejitnya harga energi serta masalah ketahanan pangan yang memicu ancaman resesi dunia di 2023. 

Menurut Prof Roy Sembel, guru besar dan dosen IPMI International Business School hanya perusahaan yang memiliki Chief Executive Officer (CEO) hebat dan Chief Financial Officer (CFO) atau direktur keuangan yang jempolan bisa bertahan, bahkan berkembang di situasi menantang ini.

"Menyikapi tantangan itu para CFO mempercepat digitalisasi dan beragam program termutakhir serta memperluas perannya, yaitu sebagai penata arus kas (cash flow) dan mitra bisnis yang bersinergi dengan jajaran direksi dan karyawan," kata Prof Roy Sembel dalam Indonesia Best CFO 2022 secara daring, Kamis (17/11).

Dia melanjutkan peran dan tanggung jawab yang makin besar juga menjadikan posisi CFO kian strategis.

Di garda depan, mereka menjadi pendorong perubahan jangka panjang pada bisnis perusahaan, tidak hanya persoalan keuangan, melainkan juga memengaruhi teknologi, strategi sumber daya manusia dan peningkatan modal kerja.  

"Juga berpengaruh dalam proses adaptasi bisnis terhadap perubahan serta penentu kemajuan perusahaan di masa depan," ungkap Prof Sembel yang juga juri ‘Indonesia Best CFO 2022'.

Dalam Indonesia Best CFO 2022 yang digelar Majalah SWA, sejumlah  petinggi eksekutif keuangan perusahaan berhasil menjadi pemenang, yakni Sigit Prastowo - CFO PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, Novita Widya Anggraini - Direktur Keuangan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, Mulyono Tjandra - CFO PT Bank Danamon Indonesia Tbk, Bukit Rahardjo – PT AXA Financial Indonesia.

Perusahaan yang memiliki CEO dan direktur keuangan yang jempolan bisa bertahan, bahkan berkembang  di situasi menantang ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News