Profil Gunawan Suswantoro, Seskemenpora Baru yang Dilantik Hari ini

Profil Gunawan Suswantoro, Seskemenpora Baru yang Dilantik Hari ini
Gunawan Suswantoro, Seskemenpora yang baru dilantik oleh Menpora Zainudin Amali, Rabu (2/11). Foto:Amjad/JPNN

jpnn.com - Berikut profil Gunawan Suswantoro, Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Seskemenpora) yang baru dilantik pada Rabu (2/11/2022).

Sosok yang sebelumnya menjabat Sekjen Bawaslu itu kini beralih ke Kemenpora menggantikan Jonni Mardizal yang sudah bertugas sebagai Plt (pelaksana tugas) Seskemenpora sejak 2021 lalu.

Gunawan sendiri memang tak memiliki rekam jejak di dunia olahraga, tetapi tangan dinginnya dalam mengurus birokrasi, terutama di Bawaslu layak diperhitungkan.

Menjabat Sekjen Bawaslu sejak 2009 lalu, dia ternyata mampu terus memperbaiki kinerja birokrasi di lembaga pengawas pemilihan umum tersebut.

"Saya sudah tujuh kali berturut-turut saat di Bawaslu bekerja bersama dengan pimpinan Bawaslu mendapat tujuh kali predikat WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) berturut-turut sejak 2015 lalu," kata Gunawan.

Dengan pengalamannya, Gunawan optimistis bisa menjalankan arahan Menpora Zainudin Amali dan mengimplementasikannya sehingga predikat WTP yang sudah tiga kali berturut-turut didapatkan Kemenpora bisa terjaga.

Gunawan sendiri memiliki latar belakang pendidikan hukum dan politik. Strata 1 atau S1-nya didapatkan dari Fakultas Hukum Untag 1945 Semarang pada 1991 silam.

Setelah itu, dia melanjutkan S2 di Magister Ilmu Politik Universitas Indonesia pada 2006. Gunawan kemudian mendapat gelar Doktor dari Universitas Padjadjaran pada 2019.

Profil Gunawan Suswantoro, Sekemenpora yang baru dilantik menggantikan Jonni Mardizal oleh Menpora Zainudin Amali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News