Profil Haris Azhar & Fatia Maulidiyanti, Dua Aktivis Penantang Luhut

Profil Haris Azhar & Fatia Maulidiyanti, Dua Aktivis Penantang Luhut
Koordinator KontraS Fatia Maulidiyanti (kiri) dan Direktur Lokataru Haris Azhar (berkacamata berdiri di tengah) di Polda Metro Jaya, Selasa, 18 Januari 2022. Foto: arsip JPNN.com/Fransiskus Adryanto Pratama

jpnn.com, JAKARTA - Dua pegiat hak asasi manusia (HAM) Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti menyandang status tersangka kasus pencemaran nama baik.

Kedua aktivis itu menjadi tersangka defamasi karena dipolisikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Mantan menteri koordinator politik, hukum, dan keamanan itu melaporkan Haris dan Fatia pada 22 September 2022. Laporan itu merupakan buntut video bertitel "Ada Lord Luhut di Balik Relasi Ekonomi-Ops Militer Intan Jaya" di YouTube yang menampilkan perbincangan dua aktivis tersebut.

Video tersebut membahas laporan sejumlah organisasi, termasuk KontraS, mengenai para pejabat maupun purnawirawan TNI di balik bisnis pertambangan atau rencana eksploitasi wilayah Intan Jaya, Papua.

Baik Haris maupun Fatia selaku tersangka sudah menjalani pemeriksaan perdana di Polda Metro Jaya, Senin (21/3). Namun, keduanya tak ditahan.

Status tersangka tak membuat Haris maupun Fatia ciut nyali. Keduanya justru menantang Luhut buka-bukaan di pengadilan.

Lantas, siapakan Haris dan Fatia? Berikut ini sedikit gambaran tentang profil keduanya;

Haris Azhar

Status tersangka tak membuat Haris Azhar maupun Fatia Maulidiyanti ciut nyali. Keduanya justru menantang Luhut B Pandjaitan buka-bukaan di pengadilan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News