Profil Luis Milla, Nakhoda Anyar Persib yang Pernah Sukses Tangani Timnas U-21 Spanyol

Profil Luis Milla, Nakhoda Anyar Persib yang Pernah Sukses Tangani Timnas U-21 Spanyol
Luis Milla (kanan depan). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Luis Milla sudah resmi menjadi pelatih Persib Bandung per Jumat (19/8). Bagaimana profil Luis Milla, mantan pelatih Timnas Indonesia yang diberi kontrak semusim di maung Bandung?

Luis Milla dipilih oleh Persib karena dianggap pemain yang sudah kenyang pengalaman saat menjadi pemain sampai menjadi pelatih.

Luis Milla memang saat masih berkarier jadi pemain, pernah membela dua klub menterang di Spanyol, yakni Real Madrid dan Barcelona.

Bukan itu saja, Milla yang berposisi gelandang semasa bermain itu juga pernah memperkuat Valencia. Mental juara, pengalaman juara, dan moncernya karier itu terbukti dengan delapan trofi yang didapatkan olehnya.

Empat trofi diraih bersama Madrid, tiga saat membela Barcelona, dan satu lagi di Valencia. Artinya, selalu ada prestasi di klub yang dibela oleh Luis Milla.

Milla sendiri sudah pensiun dair lapangan hijau sejak 2001 lalu. Seusai gantung sepatu, Milla kemudian memulai karier menjadi pelatih. Karier kepelatihannya diawali dengan UD Puzol pada 2006. Tim yang masih tergolong amatir, karena tampil di kompetisi kasta kesembilan Spanyol.

Setelah itu, Luis Milla mendapatkan kesempatan selama dua musim, dari 2007 sampai 2008, bersama Getafe. Dia ditunjuk jadi asisten pelatih dari Michael Laudrup di Getafe.

Dari Getafe, dia kemudian dipercaya menangani Timnas Spanyol U-20 dan U-19 pada akhir 2008. Tangan dinginnya membawa Spanyol menembus partai final Piala Eropa U-19 2010. Sayang, piala tak bisa direngkuh karena Timnas U-19 Spanyol kalah tipis 2-1 dari Prancis.

Profil Luis Milla, pelatih anyar Persib Bandung asal Spanyol yang pernah manangani Timnas U-23 dan senior Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News