Program CSA Buktikan Hasil Petani Pinrang Berlipat

Program CSA Buktikan Hasil Petani Pinrang Berlipat
Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Pinrang menggelar kegiatan Temu Lapang Petani atau Farmer Field Day (FFD). Foto: Dok. Kementan

jpnn.com, PINRANG - Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Pinrang kembali menggelar kegiatan Temu Lapang Petani atau Farmer Field Day (FFD).

Farm Field Day merupakan kegiatan antara petani, penyuluh, peneliti serta stakeholder lainnya saling bertukar informasi dalam mengembangkan sektor pertanian.

Dalam berbagai kesempatan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo selalu menekankan SDM harus terus diperkuat.

"Kalau kita ingin pertanian makin maju, maka harus diperkuat SDM-nya. Pengetahuan dan kemampuan SDM pertanian harus terus ditingkatkan untuk mendukung hal itu," kata Syahrul.

Peningkatan kualitas SDM tidak pernah berhenti dilakukan Kementerian Pertanian.

Pasalnya, SDM menjadi kunci pembangunan pertanian sekaligus peningkatan produktivitas.

"Melalui FFD diharapkan para petani dapat memanfaatkan ajang tersebut untuk terus meningkatkan produktivitasnya karena tujuan utama FFD adalah saling bertukar informasi tentang teknologi pertanian yang diterapkan dan diharapkan adanya umpan balik dari petani itu sendiri mengenai masalah dan hambatan yang dihadapi dalam berusaha tani," ujarnya.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi mengatakan FFD merupakan sarana menjalin ajang kemitraan sesama penyuluh, petani, ataupun perusahaan yang terkait dengan bisnis pertanian.

CSA terbukti mampu membantu ribuan para petani di daerah, termasuk di Kabupaten Pinrang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News