Program Diet buat Polisi Gendut

Program Diet buat Polisi Gendut
Para personil polisi Afsel dalam salah satu latihan jelang gelaran PD 2010. Foto: LOC/FIFA.com.
JOHANNESBURG - Afrika Selatan (Afsel) terus menggenjot persiapan keamanan jelang Piala Dunia (PD) 2010. Kepolisian Afsel sebagai penyangga utama keamanan pun tidak henti-hentinya berbenah diri. Salah satunya adalah lewat peluncuran program diet bernama Viva Fitness!, terutama bagi polisi gendut di negerinya Nelson Mandela itu.

Awal bulan ini, hasil inspeksi di Kepolisian Port Elizabeth menyebutkan bahwa separuh (54 persen) polisi di sana mengalami kelebihan berat badan alias obesitas. Padahal, obesitas dianggap bisa mengurangi kemampuan polisi dalam memerangi kejahatan maupun melindungi penonton selama perhelatan PD.

Komisaris Polisi Bheki Cele alias Kapolri-nya Afsel, pun akhirnya tidak bisa tinggal diam. Cele menerapkan kebijakan tegas dengan memberlakukan seragam satu ukuran (all size) kepada semua anggotanya.

"Setiap polisi Afsel nantinya hanya akan memiliki seragam satu ukuran sepanjang karirnya. Jika ada yang kelebihan berat badan, dia akan kami beri waktu sampai setahun untuk kembali ke berat ideal. Apabila gagal, dia akan kami keluarkan dari satuan," papar Cele kepada Daily Telegraph.

JOHANNESBURG - Afrika Selatan (Afsel) terus menggenjot persiapan keamanan jelang Piala Dunia (PD) 2010. Kepolisian Afsel sebagai penyangga utama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News