Program GP3K Menuai Hasil

Program GP3K Menuai Hasil
Program GP3K Menuai Hasil
BALAPULANG - Program Gerakan Peningkatan Produksi Pangan berbasis Korporasi (GP3K) di wilayah Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Balapulang, menuai hasil yang sangat membanggakan. Hasil tanaman yang di panen tahun ini, meningkat drasti. Utamanya tanaman padi dan jagung yang ditanam di bawah atau tegakan tanaman jati (hutan jati) di wilayahnya.

Administratur KPH Balapulang, Isnin Soiban SHut MM, mengatakan, tahun 2011, Perum Perhutani KPH setempat telah membentuk program GP3K yang merupakan program dari Mentri BUMN Dahlan Iskan. Luas tanah dari program tersebut adalah, 3.887,20 hektar (Ha).

Luas itu terbagi menjadi dua wilayah yakni Kabupaten Tegal seluas 681 Ha dan Kabupaten Brebes seluas 3.206,20 Ha. Adapun tanaman yang ditanam di wilayah Kabupaten Tegal, terdiri dari tanaman padi seluas 15,30 Ha, dan jagung seluas 665,70 Ha. Kemudian untuk wilayah Kabupaten Brebes, terdiri dari tanaman padi seluas 1.294,50 Ha dan jagung 1.911,70 Ha.

"Hasil panen tanaman tahun ini meningkat. Karena disamping KPH menyediakan lahan di bawah tegakan tanaman jati, petani hutan juga diberi pinjaman lunak untuk mencukupi kebutuhan benih pesanggem (petani hutan di lapangan)," katanya, Sabtu (11/5).

BALAPULANG - Program Gerakan Peningkatan Produksi Pangan berbasis Korporasi (GP3K) di wilayah Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Balapulang, menuai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News