Program KB Harus Jadi Gerakan Seluruh Kalangan Masyarakat

Program KB Harus Jadi Gerakan Seluruh Kalangan Masyarakat
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Foto: Miftahul Hayat/Jawa Pos

jpnn.com, HULU SUNGAI UTARA - Program Keluarga Berencana (KB) harus menjadi gerakan yang diterima oleh seluruh kalangan masyarakat Indonesia. Untuk itu, Program KB harus dilakukan secara sinergi dengan Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian, swasta dan tokoh-tokoh masyarakat yang ada di seluruh Indonesia.

Hal tersebut dikatakan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dalam sambutannya pada acara Pencanangan Bakti Sosial TNI KB Kesehatan Tingkat Nasional kerja sama antara TNI dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) di Lapangan Jarias, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Provinsi Kalimantan Selatan, Selasa (1/5/2018).

Marsekal Hadi mengatakan pada tahun-tahun sebelumnya unsur TNI yaitu Babinsa diberi tugas membantu Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) hanya berperan sebagai pelaksana.

Saat ini para Babinsa sudah diberi kemampuan oleh BKKBN sebagai motivator, sehingga bentuk bantuan yang diberikan menjadi lebih berkualitas sesuai dengan tuntutan zaman yang demokratis serta dapat menghindari munculnya isu pelanggaran HAM.

“Para PLKB dan Babinsa harus secara terus menerus diberikan kemampuan dalam hal penggiatan Program Keluarga Berencana, agar mereka mampu mengembangkan dan melakukan pendekatan kepada masyarakat di lapangan,” kata Marsekal Hadi.

Lebih lanjut, Panglima TNI menyampaikan pencanangan Bakti Sosial TNI KB Kesehatan Tingkat Nasional Tahun 2018 di Kabupaten Hulu Sungai Utara merupakan salah satu bentuk kontribusi BKKBN dan TNI serta mitra kerja BKKBN lainnya untuk membangun kependudukan Indonesia. Hal ini bertujuan agar penduduk dapat tumbuh seimbang dengan daya dukung yang tersedia. Terutama agar bangsa Indonesia secara keseluruhan akan menjadi bangsa yang kuat sejahtera adil dan makmur.

“Keberhasilan Program Kependudukan dan Keluarga Berencana akan menghasilkan sumber daya manusia yang tangguh dan meningkatkan derajat ketahanan nasional serta mampu memberikan jaminan terhadap kesinambungan pembangunan nasional, yang pada akhirnya akan mampu secara signifikan meningkatkan kesejahteraan rakyat,” ujar Marsekal Hadi seperti dilansir dalam siaran pes Plt. Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Laut (KH) H. Agus Cahyono.

Pada kesempatan tersebut, Panglima TNI menyampaikan apresiasi terhadap dukungan pemerintah daerah Provinsi Kalimantan Selatan beserta jajarannya, yang dengan penuh dedikasi memfasilitasi penyelenggaraan kegiatan Pencanangan Bakti Sosial TNI KB Kesehatan Tingkat Nasional kerja sama antara TNI dengan BKKBN, sehingga dapat terlaksana dengan baik.

“Saya minta laksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dilandasi oleh jiwa sebagai Tentara Rakyat, Tentara Pejuang dan Tentara Profesional. Saya juga mengucapkan terima kasih dan rasa bangga kepada seluruh Prajurit TNI yang telah membantu dan kerja sama dengan jajaran BKKBN di seluruh Indonesia,” katanya.

Menurut Marsekal Hadi Tjahjanto, Program Keluarga Berencana (KB) harus menjadi gerakan yang diterima oleh seluruh kalangan masyarakat Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News