Program Langit Biru Diperluas Sampai Indonesia Timur

Program Langit Biru Diperluas Sampai Indonesia Timur
Kantor Pusat Pertamina. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - PT Pertamina terus memperluas Program Langit Biru (PLB) hingga ke Indonesia bagian timur, sebagai wujud kepedulian dan pengabdian perseroan untuk negeri.

Pakar ekonomi Universitas Cendrawasih, Ferdinand Risamasu melihat perluasan program ini sebagai upaya Pertamina dalam membangun kesadaran masyarakat, termasuk di berbagai wilayah yang dinilai tidak menarik dari sisi pemasaran.

“Program ini merupakan kepedulian dan pengabdian Pertamina yang tidak hanya fokus di Jawa dan Bali, tetapi juga ke hampir semua wilayah Indonesia, bahkan Indonesia bagian timur. Padahal dari sisi bisnis, bisa jadi wilayah-wilayah tersebut tidak terlalu menguntungkan untuk Pertamina,” kata pakar ekonomi Universitas Cendrawasih, Ferdinand Risamasu kepada media hari ini.

Meski dari sisi pencemaran udara tidak separah kota-kota besar di Jawa dan Bali, kontribusi kolektif untuk menggunakan BBM ramah lingkungan, seperti Pertalite dan Pertamax, tetap memiliki dampak positif bagi kesehatan udara dan lingkungan.

“Pencemaran udara akibat kendaraan bermotor memang belum terlalu signifikan di wilayah timur. Meski begitu, menanamkan kesadaran masyarakat tentang penggunaan BBM yang lebih bersih, tetaplah penting. Termasuk, dari sisi manfaat ekonomi jangka panjang,” kata Ferdinand.

Pada 2021 ini, Pertamina memang melanjutkan dan memperluas Program Langit Biru.

Melalui program ini, Pertamina memberikan harga khusus Pertalite untuk mendorong kesadaran masyarakat dalam menggunakan BBM yang lebih ramah lingkungan.

Untuk wilayah di luar Jawa Bali, tercatat 21 kabupaten/kota yang memulai PLB pada Januari-April. Di antaranya Palembang, Medan, dan Pekanbaru.

Perluasan program Langit Biru ini sebagai upaya Pertamina dalam membangun kesadaran masyarakat, termasuk di berbagai wilayah yang dinilai tidak menarik dari sisi pemasaran.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News