Program Makmur Pupuk Kaltim Tingkatkan Produktivitas Melon & Semangka di Kutai Kartanegara

Program Makmur Pupuk Kaltim Tingkatkan Produktivitas Melon & Semangka di Kutai Kartanegara
Program Makmur PT Pupuk Kalimantan Timur untuk komoditas melon dan semangka di Desa Sebuntal, Kecamatan Marangkayu, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, mampu mencapai produktivitas 120 persen per hektar untuk satu kali masa panen. Foto dok Pupuk Kaltim

jpnn.com, KUTAI KARTANEGARA - Program Makmur PT Pupuk Kalimantan Timur, khususnya untuk komoditas melon dan semangka di Desa Sebuntal, Kecamatan Marangkayu, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, mampu mencapai produktivitas 120 persen per hektar untuk satu kali masa panen.

Keberhasilan itu ditandai panen raya oleh jajaran Direksi dan Manajemen PKT, bersama pemerintah Kecamatan Marangkayu dan stakeholders terkait pada Selasa (26/10).

Pemilik lahan binaan Program Makmur PKT Rudi Prambudi, mengungkapkan rata-rata produktivitas melon dan semangka mencapai 40-50 ton per hektare, dari sebelumnya 30 ton per hektare, dengan total lahan garapan seluas 5 hektare.

"Program ini menggunakan pupuk non subsidi NPK Pelangi 16-16-16 dan pupuk hayati Ecofert,” kata Rudi.

Total petani binaan yang terlibat sebanyak 30 orang dari masyarakat sekitar, tergabung dalam kelompok tani Harapan Jaya.

Anggota kelompok didominasi petani milenial, dengan tingkat produktivitas yang tinggi dan hasilnya telah menunjukkan dampak signifikan terhadap kesejahteraan petani setempat.

Hal itu dibarengi dengan meningkatnya jumlah petani binaan yang bergabung dalam kelompok tani Harapan Jaya, dengan pendampingan berkala PKT untuk penguatan kapasitas anggota kelompok.

"PKT sangat banyak membantu kami. Baru-baru ini petani-petani kami diberikan pelatihan. Kami merasa sangat diperhatikan dan dibantu untuk meningkatkan kapasitas kami," ungkap Rudi.

Program Makmur PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim/PKT), khususnya untuk komoditas melon dan semangka di Desa Sebuntal, Kecamatan Marangkayu, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.