Program Pemprov Gorontalo Ini Dipuji Ketua Umum PB NU

Program Pemprov Gorontalo Ini Dipuji Ketua Umum PB NU
Ketua Umum PB NU Said Aqil Siraj. Foto: dok jpnn

jpnn.com - GORONTALO – Ketua Umum PB Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siradj mengapresiasi program pendidikan gratis yang telah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo.

KH Said Agil Siradj mengatakan program pendidikan gratis ini, juga harus memperhatikan pendidikan pesantren di Provinsi Gorontalo. Terlebih menurutnya, saat ini NU berencana membangun Univesitas Nahdlatul Ulama (UNU) di Gorontalo. 

“Itu sangat tepat sebagai salah satu program unggulan Provinsi Gorontalo. Karena itu, saya juga mengharapkan Pemprov Gorontalo memberikan dukungan, dan Gubernur Rusli Habibie bersedia untuk menjadi ketua pembangunan UNU,” kata Said saat tabligh akbar NU di Pohuwato, Gorontalo.   

Pendirian UNU dikatakan Said Agil, adalah upaya NU untuk  mendorong lahirnya sumber daya manusia yang intelektual, berkarakter dan cerdas dari kalangan pesantren melalui pendidikan formal tingkat tinggi. Hal ini, turut mendorong keunggulan program pendidikan yang telah dilakukan oleh Pemprov Gorontalo.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengatakan, upaya meningkatkan SDM di Provinsi Gorontalo telah dilakukannya sejak menjabat pada 2012 lalu dengan program pendidikan gratis. Program ini juga fokus dalam mendorong lahirnya generasi muda berkualitas dari madrasah dan pesantren-pesantren.

“Saya mengapresiasi dengan akan hadirnya kampus UNU di Gorontalo, untuk meningkatkan kualitas SDM Gorontalo lebih unggul, khususnya dari kalangan santri. Momen hari santri pada 22 Oktober nanti, adalah momen untuk terus meningkatkan kualitas para santri dalam berkontribusi terhadap daerah dan negara kita,” kata Rusli Habibie.

Para santri menurutnya, penting juga selain mendalami ilmu agama, juga mendalami ilmu pengetahuan umum. Terlebih para santri yang banyak berinteraksi dengan masyarakat, juga harus mengetahui cara-cara dalam membantu masyarakat, terutama terkait pertanian.

“Membantu para petani untuk menanam jagung supaya berhasil, maka para santri harus mengerti teknologi pertanian, begitu juga dengan lainnya. Dan itu didapatkan juga ilmu pengetahuannya melalui lembaga pendidikan formal. Karena itu, kami akan terus bekerja meningkatkan kualitas pendidikan di Gorontalo, yang semuanya untuk kepentingan masyarakat,” pungkasnya. (dil/jpnn)


GORONTALO – Ketua Umum PB Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siradj mengapresiasi program pendidikan gratis yang telah dilakukan oleh Pemerintah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News