Program Perlindungan Sosial Turunkan Kemiskinan Era Jokowi

Program Perlindungan Sosial Turunkan Kemiskinan Era Jokowi
Presiden Jokowi mendapat sambutan antusias dari ribuan pelajar pemegang KIP dan ibu-ibu pemegang kartu PKH di GOR Tuanku Tablang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Kamis (8/2). Foto: Setpres

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintahan Jokowi-JK genap berusia empat tahun pada 20 Oktober lalu. Berbagai rencana pembangunan yang dicanangkan pemerintah telah tercapai seperti menurunkan angka kemiskinan.

Badan Pusat Statistik (BPS) merilis jumlah penduduk miskin di Indonesia per Maret 2018 adalah 25,95 juta penduduk, turun 630 ribu penduduk dibandingkan September 2017 sebesar 26,58 juta penduduk.

Prosentase penurunan kemiskinan turun menjadi 9,82 persen dari 10,12 persen pada September 2017.

Penurunan angka kemiskinan menurut BPS karena dari penerimaan bansos yang meningkat sampai 87,6 persen dan diterima tepat waktu.

Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita menjelaskan tekad pemerintah untuk terus menekan angka kemiskinan ini telah disampaikan presiden dalam sidang tahunan DPR/MPR Agustus lalu.

“Pada saat pidato kenegaraan HUT RI ke-73 dihadapan DPR dan DPD, Presiden menyampaikan bahwa peningkatan pelayanan sosial dasar terhadap warga negara merupakan upaya pemerintah dalam pengurangan kemiskinan dan permasalahan gizi buruk (stunting). Kedua program ini menjadi salah satu dari lima point utama pembangunan manusia pada tahun 2019,” jelas Menteri Agus.

Keberhasilan pemerintah dalam menekan angka kemiskinan, dikatakan Mensos tidak lepas dari strategi berkesinambungan pemerintahan JKW-JK sejak dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI.

Pada tahun pertama pemerintahannya, Presiden Jokowi telah meletakan fondasi melalui penguatan strategi perlindungan sosial dan pada tahun ke-4 pembangunan manusia menjadi prioritas utama dalam Rencana Kerja Pemerintah 2019.

Penurunan angka kemiskinan menurut BPS karena dari penerimaan bansos yang meningkat sampai 87,6 persen dan diterima tepat waktu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News