Program Prabowo Menggratiskan Makan Siang untuk Siswa Bakal Sejahterakan UMKM

Program Prabowo Menggratiskan Makan Siang untuk Siswa Bakal Sejahterakan UMKM
Paslon capres-cawapres dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Program pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memberikan makan siang gratis kepada anak tidak hanya bisa meningkatkan gizi, tetapi juga meningkatkan pereknomian masyarakat, terutama pelaku UMKM.


Ketua Umum DPP Relawan Pengusaha Muda Nasional (Repnas) Anggawira mengatakan program makan gratis akan sangat menyejahterakan para pelaku UMKM kuliner lokal baik yang berada di dalam sekolah maupun di luar sekolah.

“Ya, program makan siang gratis untuk anak-anak di sekitar sekolah atau di dalam sekolah dapat memberikan dampak positif pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) lokal. Dengan meningkatnya jumlah anak yang menerima makan siang, kantin atau warung di sekitar sekolah dapat mengalami peningkatan pelanggan, yang pada gilirannya dapat meningkatkan pendapatan UMKM setempat,” kata Anggawira, kepada wartawan, Jumat (24/11).

Dia menilai UMKM yang bergerak pada bidang bahan baku makanan juga diuntungkan dengan berperan sebagai pemasok bagi produsen makan siang.

“Selain itu, ini juga dapat menciptakan peluang bagi UMKM untuk berpartisipasi dalam penyediaan makanan atau bahan baku untuk program makan siang, mendukung pertumbuhan ekonomi di komunitas sekitar sekolah. Namun, penting untuk memastikan bahwa UMKM lokal terlibat secara adil dan berkelanjutan dalam pelaksanaan program tersebut,” ujar Anggawira.

Kendati demikian, Anggawira juga meminta agar implementasi dan pembiayaan program makan gratis ini perlu diperhatikan.

Selain bisa memberdayakan UMKM sekitar juga bisa mengatasi masalah kekurangan gizi di Indonesia.

"Ini dapat membantu mengatasi masalah kelaparan di kalangan pelajar dan memberikan dampak positif pada kesehatan serta fokus belajar mereka. Namun, implementasi dan pembiayaan program ini perlu diperhatikan agar dapat berjalan efektif dan berkelanjutan," jelasnya.

Ide Prabowo-Gibran memberikan makan siang gratis kepada anak tidak hanya bisa meningkatkan gizi, tetapi juga meningkatkan pereknomian masyarakat, terutama UMKM

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News