Program Transportasi Publik Ala Bupati Cantik Layak Dijiplak

Program Transportasi Publik Ala Bupati Cantik Layak Dijiplak
ARMADA BARU: Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti saat meluncurkan armada baru Trans Serasi, Senin (11/12). Foto: istimewa for Indopos

jpnn.com, TABANAN - Program transportasi publik ala Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabanan di Bali memperoleh apresiasi dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Kini, program transportasi bernama Trans Serasi di kabupaten yang kondang karena potensi pariwisatanya itu menjadi role model atau percontohan tingkat nasional karena bisa menekan angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas.

Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti mengatakan, ide tentang Trans Serasi bermula dari keresahannya atas tingginya angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas. Karena itu, Eka berupaya mencari solusinya hingga muncul ide Trans Serasi yang diluncurkan pada 2014.

“Trans Serasi merupakan moda transportasi publik gratis untuk siswa sekolah. Trans Serasi kami ciptakan untuk mengurangi tingkat kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas yang terjadi kepada anak sekolah,” ujarnya di Tabanan, Senin (11/12).

Mulanya saat Trans Serasi beroperasi pada 2014 hanya ada 57 armada. Ternyata program itu memperoleh sambutan positif dari warga.

Program Transportasi Publik Ala Bupati Cantik Layak Dijiplak

Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti (paling kiri) menjajal armada baru Trans Serasi. Foto: Istimewa for Indopos

Akhirnya Pemkab Tabanan terus menambah jumlah armada untuk Trans Serasi. “Sekarang sudah ada 143 kendaraan," sebut bupati asal PDIP itu.

Eka pun mengaku bersyukur karena programnya di bidang transportasi untuk masyarakat Tabanan memperoleh apresiasi. Dia mengaku terbuka jika ada daerah lain mencontoh Tabanan Serasi.

Program transportasi publik ala Pemkab Tabanan di Bali memperoleh apresiasi dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan dijadikan sebagai proyek percontohan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News