Rayakan Ultah dengan Tabanan Fiesta demi Gali Potensi Daerah

Rayakan Ultah dengan Tabanan Fiesta demi Gali Potensi Daerah
Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti saat berpidato pada malam puncak perayaan hari ulang tahun kabupaten yang dipimpinnya, Rabu (29/11). Foto: istimewa for Indopos

jpnn.com, TABANAN - Pemerintah Kabupaten Tabanan pada Rabu malam (29/11) menggelar pesta rakyat untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-524. Pesta Rakyat bertitel Tabanan Fiesta itu berlangsung dengan meriah dan disemarakkan berbagai kesenian, kebudayaan, serta kuliner khas salah satu kabupaten di Bali tersebut.

Bupati Kabupaten Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti dalam sambutannya menyatakan, pesta rakyat untuk perayaan ulang tahun daerahnya merupakan wadah untuk menggali potensi sekaligus memperkenalkannya ke publik. Menurutnya, Tabanan memiliki berbagai potensi di bidang seni, budaya dan kuliner.

"Kegiatan ini merupakan wadah bagi masyarakat untuk menampilkan kearifan lokal masing-masing kecamatan. Oleh karena itu, kita semua bekerja sama untuk bisa menggali potensi dari setiap kecamatan baik itu dari segi kesenian, budaya maupun usaha-usaha kecil menengah itu untuk bisa tampil dalam ajang hari ulang tahun ini sehingga diketahui oleh masyarakat luas," ujar Eka pada pesta rakyat yang digelar di Alun-alun Alit Saputra Tabanan itu.

Tema perayaan HUT Tabanan kali ini adalah Buana Kertih. Maknanya adalah menyatu dengan alam. Sebab, alam merupakan investasi masyarakat Tabanan yang harus dijaga bersama-sama.

“Tema tersebut kita pakai karena Tabanan dikenal dengan kemakmurannya, banyak lumbung padi, terkenal dengan rakyatnya sebagai petani, dan potensi alam sangat luar biasa, lebih mengingat kan kita untuk mencintai alam, seperti Tanah lot dan Pura Ulun Danu Beratan yang diam saja tapi mampu menarik ribuan orang untuk datang," ungkapnya.
 
Bupati berparas cantik itu juga mengharapkan pesta rakyat dalam rangka HUT ke-524 Tabanan mampu meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap seni, kebudayaan dan juga kuliner setempat. “Jika sudah tumbuh rasa kepemilikan itu maka kita jadi lebih menjaga dan merawat Tabanan secara bersama-sama," tandas Eka.

Berbagai hiburan menyemarakkan HUT ke-524 Tabanan. Pengisi acaranya adalah seniman-seniman setempat seperti Pregina Tabanan, Gita Bhaskara Etnik, Widi Widiana, Mang Gita, Neny Dancer, Agung Wirada & Yuppi Harri, Motifora band, Thiar, Bloodsucher, Crabt, The Bodhi dan Sound Of Mind.
 
Sedangkan Ketua Pelaksana HUT Kota Tabanan I Wayan Miarsana mengatakan, ragkaian kegiatan dalam rangka ultah daerahnya merupakan media untuk memberikan ruang bagi masyarakat setempat untuk mengembangkan bakat khusus di bidang hiburan. Dia menyebut Tabanan memiliki talenta-talenta muda di bidang seni, sementara masyarakatnya haus akan hiburan.
 
“Ini sebagai wadah dari Pemerintah Tabanan, karena bakat anak anak atau pemuda di Tabanan ini sangatlah kompleks, masyarakat haus akan hiburan. Dengan kegiatan seperti ini mereka mempunyai wadah untuk berekpresi dan ini juga membantu meningatkan perekonomian di Tabanan,” kata Wayan.(rmn/jpg)


Kabupaten Tabanan di Bali merayakan ulang tahunnya yang ke-524 dengan menggelar pesta rakyat yang menampilkan berbagai potensi daerah agar dikenal luas.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News