Provinsi Hainan Jadi Surga Belanja Baru di Tiongkok

Provinsi Hainan Jadi Surga Belanja Baru di Tiongkok
Para konsumen berbelanja di toko bebas pajak di Haikou, ibu kota Provinsi Hainan, China selatan, pada 4 Oktober 2020. Foto: Antara/Xinhua/Pu Xiaoxu

jpnn.com, HAINAN - Provinsi Hainan menjadi tujuan wisata populer bagi wisatawan dari segala penjuru Tiongkok selama liburan Hari Nasional. Selain untuk menikmati sinar matahari dan pantai, mereka juga berbondong-bondong mengunjungi pulau itu untuk berbelanja produk-produk bebas pajak (duty free).

Di dalam sebuah pusat perbelanjaan bebas pajak di kota resor Sanya, Shao Kehui, seorang wisatawan dari Provinsi Zhejiang, Tiongkok timur, mengantre lebih dari 20 menit untuk memasuki toko Gucci guna membeli tas seharga 14.000 yuan (1 yuan = Rp2.177).

"Karena pandemi, kami tidak bisa pergi ke luar negeri, tetapi mengunjungi Hainan dan menikmati belanja bebas pajak di sini menjadi pilihan yang bagus," kata Shao, seraya menambahkan bepergian ke Hainan lebih nyaman dan lebih murah daripada pergi ke luar negeri. Dia juga berencana membeli beberapa produk kosmetik dan perawatan kulit.

Sejak 1 Juli, Hainan meningkatkan kuota belanja bebas pajak tahunannya dari 30.000 yuan menjadi 100.000 yuan per orang. Kategori barang bebas pajak diperluas dari 38 menjadi 45, dengan produk elektronik seperti telepon seluler dan laptop ditambahkan ke daftar bebas pajak tersebut.

Batas pembelian bebas pajak sebelumnya sebesar 8.000 yuan untuk satu produk telah dicabut, dan jumlah kategori dengan batas kuantitas pembelian tunggal dikurangi secara signifikan. Batas pembelian kosmetik bebas pajak juga dinaikkan dari 12 item menjadi 30.

Area parfum dan kosmetik di pusat perbelanjaan bebas pajak cukup ramai. Yang Yi, seorang wisatawan dari Shanghai, membeli selusin produk perawatan kulit di satu konter. "Ada banyak merek, dan harganya juga terjangkau," kata Yang, mencatat bahwa dia dapat membeli lebih banyak produk di bawah kebijakan baru.

Menurut survei sampel yang dilakukan oleh otoritas pariwisata Sanya, 80 persen wisatawan di kota tersebut lebih memilih belanja bebas pajak setelah penyesuaian kebijakan belanja bebas pajak, yang menjadikan toko semacam itu sebagai tujuan wisata yang populer.

 

Provinsi Hainan menjadi tujuan wisata populer bagi wisatawan dari segala penjuru Tiongkok selama liburan Hari Nasional

Sumber Xinhua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News