Proyek Antasari-Blok M Terus Dikebut

Proyek Antasari-Blok M Terus Dikebut
Proyek Antasari-Blok M Terus Dikebut
JAKARTA - Pengerjaan proyek Jalan Layang Non Tol (JLNT) Pangeran Antasari menuju Blok M terus dikebut. Dalam waktu dekat ini, pondasi jalan layang akan dilakukan pelaksanaan Erection Box Girder menggunakan sistim balance cantilever (pengangkatan box beton seberat 50 ton). Sistem ini pertama kali dilakukan di Indonesia pada proyek JLNT Antasari - Blok M, Paket Prapanca. 

Kepala Seksi  PP Simpang Tak Sebidang Dinas PU DKI, Heru Suwondo mengatakan, kenapa dilaksanakan dengan sistim ini, karena ruas Jalan Antasari - Blok M tidak memungkinkan 1 tiang ditengah jalan. karena tidak ada lahan, sehingga dipakai 2 tiang di sisi trotoarnya. Untuk estetika jalan layang itu, balok jembatan jalan layang di desain berbentuk box  girder yang di cetak di pabrik secara segmental dengan panjang 2,4 sd 2,7 meter.“Pengangkatan box girder tersebut dicetak dipabrik menggunakan alat angkat mekanis Lifting Frame,” ujarnya.

Dia tambahkan, berat beban box girder itu mencapai 50 ton per segmen, lebar 875 meter memerlukan ketelitian dan ekstra hati-hati saat pengangkatannya. Setiap pengangkatan kedua sisi pierheadnya harus diletakkan segmen box girder dengan jumlah yang sama. Box girder itu hanya bisa diangkat 2 segmen per malam (per alat Lifting Frame) karena jalan yang ada tidak memungkinkan ditutup selama 24 jam. “Selama proses persiapan hingga pengangkatan beberapa areal jalan Prapanca ditutup pada kedua arah pada jam 21.00 s/d 05.00. Jika lewat jam segitu akan padat kendaraan,” tukasnya.

Setelah 2 segmen box selesai diangkat per malam dilakukan pekerjaan penarikan kabel tendon untuk menjaga posisi box stabil pada tempatnya. Dimana Jumlah segmen box girder diantara portal tiang penyangga terdapat 12 s/d 18 buah setiap lajur box.”Jadi yang kerja mesin semua dan paling banyak 15 orang pekerja,” katanya. 

JAKARTA - Pengerjaan proyek Jalan Layang Non Tol (JLNT) Pangeran Antasari menuju Blok M terus dikebut. Dalam waktu dekat ini, pondasi jalan layang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News