Proyek Infrastruktur Dongkrak Investasi

Proyek Infrastruktur Dongkrak Investasi
Ilustrasi pembangunan infrastruktur. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, SAMARINDA - Investasi di Kalimantan Timur (Kaltim) pada triwulan kedua 2018 bertumbuh dari 5,88 persen secara tahunan (year on year/yoy) menjadi 6,96 persen (yoy).

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw-BI) Kaltim Muhamad Nur mengatakan, pembentukan modal tetap bruto (PMTB) memiliki pangsa pasar sebesar 25,94 persen.

PMTB berkontribusi sebesar 1,60 persen (yoy) terhadap ekonomi Kaltim triwulan kedua 2018.

“Kinerja PMTB terus membaik karena dikebutnya penyelesaian proyek-proyek pembangunan infrastruktur pemerintah. Seperti Jalan Tol Samarinda-Balikpapan, pengerjaan Jembatan Pulau Balang, serta Jembatan Mahakam IV,” kata Nur, Jumat (21/9).

Berdasarkan jenisnya, peningkatan didorong oleh investasi bangunan yang tumbuh sebesar 9,81 persen (yoy) pada triwulan kedua 2018.

Jumlah itu meningkat dibandingkan triwulan sebelumnya sebesar 7,09 persen (yoy).

Di sisi lain, investasi non-bangunan Kaltim terdeselerasi dari 4,10 persen (yoy) pada triwulan pertama 2018 menjadi 2,66 persen (yoy) pada triwulan kedua 2018.

“Ini mengindikasikan lapangan usaha swasta masih menahan kegiatan investasi dalam bentuk pembelian barang modal dan bahan baku,” tutur Nur. (ctr/ndu/k15)


Investasi di Kalimantan Timur (Kaltim) pada triwulan kedua 2018 bertumbuh dari 5,88 persen secara tahunan (year on year/yoy) menjadi 6,96 persen (yoy).


Redaktur & Reporter : Ragil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News