Proyek Kereta Api Kaltim-Kalteng Terkendala Hutan Lindung

Proyek Kereta Api Kaltim-Kalteng Terkendala Hutan Lindung
Proyek Kereta Api Kaltim-Kalteng Terkendala Hutan Lindung
SAMARINDA - Belum lagi dimulai, pembangunan rel kereta api yang rencananya menghubungkan Kalimantan Tengah (Kalteng)-Kalimantan Timur (Kaltim) oleh investor Rusia dihadang ganjalan yang mirip dengan proyek jalan tol Balikpapan-Samarinda; izin penggunaan hutan lindung.

Andrey Shigaev dan Evgency Krozov, dua pengusaha asal Rusia yang berkunjung ke Kaltim selama dua hari ini, bolak-balik menanyakan izin penggunaan lahan sepanjang 160 kilometer untuk jalur rel kereta api tersebut kepada pemprov.

"Kita sudah sampaikan, mana tambang-tambang yang akan dilintasi, siapa yang punya. Bagaimana mengurus izin ke Kementerian Kehutanan bila itu areal hutan lindung. Tahun depan, mereka baru mengurus proses izin itu," kata Kepala Badan Perizinan dan Penanaman Modal Daerah (BPPMD) Kaltim, Yadi Sabianoor.

Dari pemetaan sementara, konsesi beberapa perusahaan tambang bahkan areal hutan lindung masuk jalur rel yang akan dilewati. Seperti diketahui, pembangunan jalan bebas hambatan Samarinda-Balikpapan juga "terhambat" di areal hutan; yakni Taman Hutan Raya (Tahura) Bukit Soeharto dan Hutan Lindung Sungai Manggar (HLSM).

SAMARINDA - Belum lagi dimulai, pembangunan rel kereta api yang rencananya menghubungkan Kalimantan Tengah (Kalteng)-Kalimantan Timur (Kaltim) oleh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News