Proyek Kereta Trans Sulawesi Telan Rp 9,65 Triliun

Ruas Makassar – Pare-Pare Jadi Prioritas

Proyek Kereta Trans Sulawesi Telan Rp 9,65 Triliun
Proyek Kereta Trans Sulawesi Telan Rp 9,65 Triliun

jpnn.com - JAKARTA – Kabar gembira bagi warga Sulawesi. Aktivitas antarkota di sana nantinya bakal lebih mudah seiring dengan pembangunan jalur kereta api lintas trans Sulawesi.

Mulai hari ini (12/8), ruas Makassar–Pare-Pare dengan panjang 145 kilometer menjadi prioritas yang dikerjakan oleh Kementerian Perhubungan.  Rencananya, pembangunan jalur kereta tersebut akan rampung pada pertengahan tahun 2015.

Kepastian itu dikatakan Ditjen Perkeretapian Kemenhub Hermanto Dwi Atmoko. Menurutnya, pembangunan ruas Makassar – Pare-Pare dilakukan secara bertahap hingga mencapai panjang 145 kilometer. ”Awal yang dikerjakan hanya sepanjang 30 kilometer. Dari Makassar sampai Kabupaten Barru,” katanya.

Hermanto mengatakan, jalur kereta api tersebut nantinya akan dibangun single track. Lebar jalan rel 1435 milimeter dan kecepatan maksimal prasarana kereta api adalah 200 kilometer per jam. Sebagai pendukung, akan dibangun 23 stasiun.

Hermanto mengatakan, total biaya yang dibutuhkan untuk tahap I mencapai Rp 9,65 triliun. Dana sebesar itu digunakan untuk pembebasan lahan, prasarana kereta api, fasilitas penunjang, serta pengadaan sarana seperti lokomotif, kereta api dan gerbong.

Hermanto berharap, pembangunan jalur kereta api itu sebagai pembuka jalur kereta api yang lain di Sulawesi. Pada tahun 2030 pihaknya menargetkan seluruh kota di Sulawesi akan terhubung dengan jalur kereta api. ”Seperti pengembangan kereta api yang menghubungkan antarkota utama, antarkota, regional, dan wilayah sumber daya alam atau kawasan produksi,” terangnya.(aph/fal)


JAKARTA – Kabar gembira bagi warga Sulawesi. Aktivitas antarkota di sana nantinya bakal lebih mudah seiring dengan pembangunan jalur kereta


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News