Proyek Monorel Bekasi Terancam Gagal

Pemda Mikir karena Dibebani Sebesar Rp 6 Triliun

Proyek Monorel Bekasi Terancam Gagal
Proyek Monorel Bekasi Terancam Gagal

jpnn.com - BEKASI – Rencana pembangunan monorel yang disebut- sebut bakal dibangun di kawasan industri Cikarang, Kabupaten Bekasi, untuk mengurai kemacetan lalulintas pada tahun 2017 terancam gagal. Pasalnya, pemerintah daerah harus menyiapkan dana sebesar Rp 6 triliun, selebihnya ditanggung pemerintah Jepang sebesar Rp 14 triliun.

Kepala Bidang (Kabid) Fisik Sarana dan Prasarana, Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bekasi, Eman Yusuf Taufik mengatakan, monorel yang dicanangkan akan dibangun pada 2017 mendatang, dengan kocek sebesar Rp 20 Triliun.

Hanya saja, Pemerintah Kabupaten Bekasi dibebankan 30 persen dari total pembangunan tersebut. ”Sisanya 70 persen akan dibebankan kepada investor yaitu Pemerintah Jepang ,” katanya.

Selain faktor pembiayaan, Taufik menambahkan, ada kendala dalam merealisasikan pembangunan monorel tersebut antara lain dikarenakan belum terwujudnya DKI Jakarta dalam rencana pembangunan serupa.

”Bagaimanapun juga Jakarta merupakan proyek percontohan monorel di wilayah Bekasi. Namun, hingga sekarang belum ada realisasi pembangunannya,” jelasnya.

Atas dasar itu, Taufik berpendapat, apabila DKI Jakarta yang dianggap sebagai leader monorel belum mampu melaksanakannya, apalagi daerah seperti Kabupaten Bekasi. Akan tetapi, Pemkab Bekasi masih terus berkordinasi dengan pemerintah Jepang maupun Bappenas untuk mencari solusinya.

Taufik mengaku, sebenarnya pemerintah pusat sudah menyambut baik rencana tersebut. Karena sebelumnya, Bekasi diminta menyiapkan segala keperluan agar pembangunan monorel itu bisa berjalan lancar dan tahun 2017 mendatang pembangunan mega proyek monorel ini sudah terbangun.

Sementara itu, Wakil Bupati Bekasi, Rohim Mintareja menambahkan, dalam perencanaan yang sudah dibuat, monorel akan dibangun dengan jalur membentang dari Stasiun Cikarang yang berada di Kecamatan Cikarang Utara lalu menuju Kawasan Industri Jababeka, Ejip, MM2100, Lippo Cikarang dan Kawasan Deltamas.

BEKASI – Rencana pembangunan monorel yang disebut- sebut bakal dibangun di kawasan industri Cikarang, Kabupaten Bekasi, untuk mengurai kemacetan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News