Jumat, 24 Mei 2019 – 06:21 WIB

Proyek Stadion Jababeka Mangkrak

Sabtu, 24 Desember 2011 – 15:24 WIB
Proyek Stadion Jababeka Mangkrak - JPNN.COM

BEKASI - Proyek pembangunan Stadion Jababeka di Desa Kertajaya, Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat hingga kini tidak jelas kelanjutannya. Sejak beberapa minggu lalu proyek pembangunan stadion bertaraf internasional itu terhenti total. Walau pembangunan stadion itu belum rampung. Kondisi proyek pembangunan juga masih berantakan.

Padahal, hingga saat ini APBD Kabupaten Bekasi sudah menggelontorkan dana Rp 27 miliar lebih. Dengan rincian, APBD 2009 dana yang digelontorkan Rp 6 miliar (untuk pematangan lahan). Pada APBD 2010, kembali mencairkan dana Rp 10 miliar (untuk pembangunan tribun barat). Pada APBD 2011 kembali dicarikan dana Rp 11 miliar yang juga untuk tribun.

Walau menghabiskan dana puluhan miliar, hingga kini tidak satu pun bangunan di stadion yang dibuat untuk Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat pada 2012 itu rampung dikerjakan. Semua proyek stadion dengan luas 20.334 hektare itu masih berbentuk hamparan tiang-tiang beton dan tiang-tiang besi yang belum dicor.

Bahkan, akses jalan kendaraan ke lokasi proyek pembangunan stadion itu belum diaspal sama sekali. Dengan kondisi ini, sejumlah pihak di Kabupaten Bekasi pesimis kalau proyek prestisius itu akan selesai pada waktunya. Dampaknya, Kabupaten Bekasi tak akan bisa menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Barat XII yang akan digelar pada 2012 nanti.    

Ketua DPRD Kota Bekasi Mustakim yang mengaku pesimis apabila pembangunan Stadion Jababeka bisa terealisasi tepat pada waktunya. Meski demikian, dia masih berharap kepada Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata (Disporbudpar) Kabupaten Bekasi mengejar proses pembangunan stadion tersebut.

”Saya memang sangat pesimis, kalau Stadion Jababeka bisa dikerjakan sesuai target,” terangnya kepada INDOPOS belum lama ini. Menurutnya juga, apalagi hingga saat ini progress pembangunan stadion itu masih jauh dari harapan. ”Kalau Stadion Jababeka tak selesai sesuai jadwal, maka kami akan menyerahkan kepada Pemprov Jawa Barat agar mencari daerah lain pengganti lokasi Porprov 2012,” cetusnya juga.

Terkait bantuan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dalam proyek itu, Mustakim mengaku belum mengetahui apakah sudah turun atau belum. Dia mengatakan kalau Kemenpora memang berjanji memberikan bantuan dana pembangunan stadion tersebut. ”Kalau yang saya tahu hingga saat ini dana yang dijanjikan belum cair,” ungkap politisi Partai Demokrat itu.

Pada 2016 mendatang Jawa Barat akan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX. Direncanakan, Stadion Bekasi menjadi salah satu venue yang akan digunakan pada pelaksanaan olahraga yang akan diikuti atlet yang berasal dari 33 provinsi se-Indonesia tersebut.

Kepala Disporbudpar Kabupaten Bekasi, Effendi mengatakan tidak mengetahui secara detail rencana teknis pembangunan Stadion Jababeka. Lantaran, pembangunan stadion itu ditangani langsung oleh bidang pembangunan yang menjadi bawahannya. ”Saya tidak menguasai teknis. Tanyakan langsung ke kabidnya saja,” ungkapnya. (dny)
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar