Natal, PNS Habiskan Rp 19,4 Milyar

Natal, PNS Habiskan Rp 19,4 Milyar
Natal, PNS Habiskan Rp 19,4 Milyar
BITUNG - Belakangan ini perayaan Natal dan hari besar keagamaan lain makin identik dengan belanja dan menghamburkan uang. Tak terkecuali para PNS di Bitung yang sebagian besar merayakan Natal dengan gaya konsumtif. Diperkirakan Rp19,4 miliar dihabiskan para PNS di hari Natal tahun ini.

Ekonom Albert Sarese mengatakan, berdasarkan pengamatannya tiap PNS rata-rata menghabiskan Rp5 juta. Bila dikalikan dengan total PNS yang beragama Kristen 3.882 orang, hasilnya Rp19,4 miliar habis untuk belanja Natal. "Rp5 juta itu minimal, bisa lebih tinggi lagi,'kata Sarese.

Dijelaskannya, Rp5 juta itu untuk satu keluarga dengan anak lebih dari 2 orang. Uang Rp5 juta mungkin hanya untuk beli pakaian. “Seandainya 1 orang beli 3 pasang, per pasang Rp200 ribu totalnya sudah jutaan," kata pengajar di STIE Petra ini. "Uangnya gaji Desember dan mungkin ditambah simpanan di bank. Rata-rata orang menarik uang dari bank untuk belanja Natal," tambahnya.

Sarese yang juga PNS menambahkan, sejak jauh hari biasanya kebutuhan belanja Natal sudah disiapkan. Ada yang ikut paket kue atau menyimpan gaji sejak Januari sampai November. "Jadi kerja keras setahun hanya habis untuk Natal,"papar Sarese yang adalah Sekretaris Dinas Pendapatan Daerah itu.

BITUNG - Belakangan ini perayaan Natal dan hari besar keagamaan lain makin identik dengan belanja dan menghamburkan uang. Tak terkecuali para PNS

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News