Proyek Stadion Taman BMW Bisa Bermasalah seperti Hambalang

Proyek Stadion Taman BMW Bisa Bermasalah seperti Hambalang
Proyek Stadion Taman BMW Bisa Bermasalah seperti Hambalang

jpnn.com - JAKARTA - Jokowi-Ahok diingatkan tidak gegabah dalam proyek pembangunan stadion bertaraf internasional di atas Taman BMW (Bersih, Manusiawi, Wibawa), Jakarta Utara.

Sebab, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Prijanto, menilai proyek di Taman BMW bisa bermasalah seperti Hambalang. Persoalan yang menyeret Jokowi-Ahok ke proses hukum adalah menyangkut kepemilikan tanah tersebut masih dalam sengketa dan beraroma adanya dugaan kolusi dan korupsi.

"Saya sangat yakin Taman BMW belum milik Pemprov DKI Jakarta yang sah, walau Taman BMW sudah sebagai aset yang didasarkan pada Berita Acara Serah Terima (BAST) atas Kewajiban Pengembang kepada Pemprov DKI Jakarta pada tanggal 8 Juni 2007," kata Prijanto, kepada wartawan, Rabu (30/4).

Prijanto menilai dari dokumen yang mendukung, menggambarkan ada kekeliruan sasaran. "Ketika Pemprov DKI mengeksekusi Taman BMW pada tanggal 28 Agustus 2008 lalu, sesungguhnya tanah yang dimaksud di dalam BAST tanggal 8 Juni 2007 bukan tanah Taman BMW," jelasnya.
 
Lebih lanjut Prijanto menjelaskan, ada kejanggalan antara BAST dengan Surat Pelepasan Hak (SPH).

Dalam BAST tanah yang diserahkan tertulis 265.395,99 meter persegi, beber Prijanto, tetapi jumlah luas dalam SPH hanya 122.228 meter persegi. Ketika diteliti, letak tanah yang diserahkan seluas 122.228 meter persegi, bukan di Taman BMW.

"Selain itu, nama-nama orang yang menyerahkan tanah dalam SPH menyatakan tidak pernah punya tanah dan tanda tangan dalam SPH dengan mata telanjang berbeda dengan tanda tangan yang bersangkutan di KTP, KK ataupun Paspor," bebernya.

Prijanto berpendapat, bahwa Taman BMW dengan nilai lebih dari Rp 737 miliar yang sudah masuk dalam daftar aset Pemprov DKI Jakarta dan sudah dipublikasikan, patut diduga fiktif dan telah terjadi kebohongan publik.

"Karena dugaan fiktif inilah, letak dugaan terjadinya kerugian negara. Di samping itu juga patut diduga telah terjadi perbuatan melawan hukum dan ada pihak yang diuntungkan," ujarnya.

JAKARTA - Jokowi-Ahok diingatkan tidak gegabah dalam proyek pembangunan stadion bertaraf internasional di atas Taman BMW (Bersih, Manusiawi, Wibawa),

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News