PS TNI Protes, PSSI Parkir Wasit Fariq Hitaba

PS TNI Protes, PSSI Parkir Wasit Fariq Hitaba
Waketum PSSI Joko Driyono. Foto: M. Amjad/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - PSSI resmi membebastugaskan salah seorang wasit bernama Fariq Hitaba. Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono mengatakan, Fariq dibebastugaskan karena performa buruk saat memimpin laga lanjutan Go-Jek Traveloka Liga 1 2017, antara PS TNI kontra Persija di Stadion Pakansari, Bogor, pada Kamis (8/6) malam lalu.

Sanksi untuk Fariq diberikan karena PS TNI resmi melayangkan surat protes kepada otoritas sepak bola nasional. Itu karena Fariq sempat memberikan hadiah penalti untuk PS TNI, tapi kemudian dibatalkan. Insiden terjadi pada menit ke-85.

Fariq sempat menunjuk titik putih karena menganggap bola menyentuh tangan bek Persija Ryuji Utomo. Sontak putusan Fariq diprotes oleh pemain Persija lainnya, sehingga kemudian menghampiri ofisial pertandingan di pinggir lapangan. Sayangnya, dia bukan konsultasi dengan hakim garis terdekat, sesuai dengan laws of the game FIFA.

Menurut Joko yang juga Plt Sekjen PSSI, tindakan Fariq sudah dianalisa oleh Komite Wasit PSSI. Dia menjelaskan bahwa dalam Laws of The Games FIFA belum dikenal pelibatan teknologi rekamanan video untuk mengambil keputusan.

"Jadi sudah jelas wasit bersangkutan melakukan kesalahan," kata Joko kepada awak media, Minggu (11/6).

Namun, berapa lama waktu pembebastugasan tersebut belum diumumkan oleh PSSI karena masih dibahas lebih detail lagi oleh Komite Wasit. "Saat ini Komite Wasit masih menyelidiki kenapa wasit bersangkutan sampai menganulir keputusan berdasarkan rekaman video," tegas dia. (dkk/jpnn)


PSSI resmi membebastugaskan salah seorang wasit bernama Fariq Hitaba. Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono mengatakan, Fariq dibebastugaskan karena


Redaktur & Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News