PSBB Transisi Diperpanjang, Ini Pesan Ketua MPR

PSBB Transisi Diperpanjang, Ini Pesan Ketua MPR
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Bambang Soesatyo meminta masyarakat meningkatkan kedisiplinan dalam menaati protokol kesehatan COVID-19 seiring dengan perpanjangan masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi di DKI Jakarta.

"Masyarakat agar meningkatkan kedisiplinan dalam memenuhi protokol kesehatan dalam beraktivitas, seperti memakai masker, menjaga jarak (physical distancing), dan mencuci tangan secara rutin," kata Bamsoet, sapaan akrab Bambang Soesatyo, melalui pernyataan tertulis di Jakarta, Kamis (2/7).

Bamsoet mendorong Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk lebih mengutamakan tindakan pencegahan terinfeksinya masyarakat dari COVID-19, di samping memperhatikan faktor epidemiologi.

"Faktor epidemiologi yang dimaksud, seperti terus memantau jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan juga persentase tingkat penyebaran virus corona di setiap wilayah," katanya.

Menurut politikus Partai Golkar tersebut, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama aparat keamanan perlu meningkatkan pengawasan kepada masyarakat agar membatasi kegiatan-kegiatan sosial, ekonomi, dan budaya.

Bahkan, kata dia, mereka yang mengabaikan instruksi maupun ketetapan dalam penanggulangan dan penanganan COVID-19 sampai masa PSBB transisi selesai harus ditindak tegas agar angka penyebaran COVID-19 dapat terus ditekan.

Selain itu, Bamsoet juga mendorong pemerintah pusat agar mendukung seluruh fasilitas kesehatan dan infrastruktur Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam penanganan COVID-19.

"Seperti ketersediaan ventilator, kecukupan alat pelindung diri (APD), hingga pelayanan yang diberikan oleh tenaga medis kepada pasien," kata Bamsoet.

Bamsoet mendorong Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk lebih mengutamakan tindakan pencegahan terinfeksinya masyarakat dari COVID-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News