PSI dan Perindo Paling Berpeluang Lolos ke Senayan

PSI dan Perindo Paling Berpeluang Lolos ke Senayan
PSI. Foto: Ist

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Y Publica Rudi Hartono menilai peluang partai-partai baru untuk masuk parlemen cukup terbuka. Terutama, PSI dan Perindo, yang saat ini elektabilitasnya paling tinggi di antara partai baru.

"Perindo 3,1 persen dan PSI 1,3 persen. Jika elektabilitasnya bisa dinaikkan, dua parpol ini berpeluang menembus parliamentary treshold 4 persen," kata Rudi, Senin (28/5).

Rudi melanjutkan, dari survei Y Publica, terlihat publik punya harapan besar kepada partai-partai baru. Mereka berharap parpol baru punya rekam jejak bersih dengan tinggi (51,4%), menghadirkan tokoh/figur wajah baru (15,9%), agenda politik yang jelas (15,3%) dan lebih banyak anak muda (10,4%) dan lainnya (7,0%).

Mengenai PSI, Rudi melihat partai tersebut punya modal yang menjanjikan. Yakni, disukai oleh kalangan muda.

"Kalau menurut survei kami, menurut persepsi publik (keseluruhan responden), partai yang dianggap paling mendekati selera dan aspirasi anak muda: PDIP, Gerindra, Golkar, Demokrat dan PSI," tuturnya.

Selama ini, lanjut Rudi, anak muda tak terlalu mendapat perhatian dari partai politik. Pasalnya, mereka cenderung apatis dengan politik. Nah, kemunculan PSI akan berpotensi menarik minat pemilih anak muda.

Meski begitu, dia mengingatkan, ada tiga hal yang harus dilakukan PSI untuk memastikan suara kelompok muda tak hilang.

"Tentu tantangannya bagi PSI pertama, mereka harus menampilkan politik yang benar-benar berbeda dengan partai-partai tua/lama. Kedua, mempertahankan rekam jejak bersih. Dan ketiga, menghadirkan politik kaya ide dan gagasan serta punya agenda politik yang jelas," tandasnya. (dil/jpnn)


Direktur Y Publica Rudi Hartono menilai peluang partai-partai baru untuk masuk parlemen cukup terbuka. Terutama, PSI dan Perindo


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News