Psikolog: Pecandu Narkoba Umumnya Cenderung Berbohong

Psikolog: Pecandu Narkoba Umumnya Cenderung Berbohong
Fredi Budiman. Foto: Dokumen JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Tulisan Cerita Busuk dari Seorang Bandit, yang kabarnya merupakan curahan hati tereksekusi mati, Fredi Budiman menjadi sorotan banyak pihak. 

Betapa tidak, dalam tulisan itu, terdapat testimoni Fredi yang menyebutkan keterlibatan oknum Polri dan TNI dalam penyebaran narkoba. Lalu, bagaimana psikolog memandang hal ini?

Psikolog Kasandra Putrantro mengatakan bahwa pada umumnya pecandu narkoba sering berbohong. Hal ini dilihat lantaran pecandu sulit untuk jujur karena dihadapkan dengan sisi keburukannya. Karenanya, dibutuhkan pendekatan secara akademik untuk menelaah bagaimana psikolog pecandu narkoba.

"Pada umumnya para pecandu itu sering berbohong, sulit untuk dipercaya. Karena bagian dari karakternya itu,tidak menyampaikan hal yang sebenarnya. Secara umum seperti itu," kata Kasandra saat dihubungi, Minggu (31/7).

Kasandra menerangkan, pada umumnya pecandu narkoba, apalagi pengguna berat sering kali memberikan pernyataan tidak sesuai faktanya. Dia menilai, bahkan pecandu narkoba sulit membedakan mana yang benar, dan mana yang tidak.

Di sisi lain, lanjut Kasandra, prilaku pecandu narkoba bisa menunjukkan sikap yang berbeda-beda tergantung dari jenis narkoba yang dikonsumsinya. Pertama, pengguna sabu-sabu bisa mengakibatkan penggunanya berhalusinasi dan meningkatkan aktivitas. Kedua, pengguna ganja bisa menyebabkan melambatnya respon otak dan halusinasi. Ketiga, ekstasi bisa meningkatkan imajinasi dan juga berhalusinasi.

Menurut dia, jika ingin disandingkan bagaimana keadaan jiwa Fredi, maka perlu dipelajari narkoba jenis apa yang digunakannya. Sehingga bisa disimpulkan cenderung ke mana arah psikologi Fredi.

"Kemudian bisa dilakukan analisis terhadap prilaku yang bersangkutan selama masih hidup. Karena sudah meninggal, bisa dilakukan metode amnamnesis. Interview terhadap orang-orang yang dekat kepada dia, kemudian menginterview ke beberapa orang yang sering diajak ngomong sama dia beberapa waktu sebelumnya," jelas Kasandra. 

JAKARTA - Tulisan Cerita Busuk dari Seorang Bandit, yang kabarnya merupakan curahan hati tereksekusi mati, Fredi Budiman menjadi sorotan banyak pihak. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News