PSSI Masih Tunggu Kepastian AFC soal Pemain Asing Persija

PSSI Masih Tunggu Kepastian AFC soal Pemain Asing Persija
PSSI. Foto: JPNN

jpnn.com - PSSI belum bisa memastikan apakah FIFA akan mengizinkan transfer matching system (TMS) dibuka sebelum jendela transfer Liga 1 2019.

Karena kondisi ini, Persija hampir pasti tak bisa menampilkan tiga pemain asing baru plus Ryuji Utomo di babak Kualifikasi Liga Champions Asia (LCA) 2019. Membuka TMS, akan memengaruhi keluar atau tidaknya international transfer certificate (ITC).

Pemain-pemain asing Persija tak bisa didaftarkan di sistem transfer internasional milik FIFA, sehingga belum terverifikasi kepindahannya. Klub asal pun tak bisa mendaftarkan ITC yang telah dikeluarkan.

Persija akan tampil di Kualifikasi Liga Champions Asia mulai Februari mendatang. Namun Macan Kemayoran terancam tak bisa menurunkan tiga pemain asing baru dan Ryuji sebagai pemain dari Liga Thailand.

Pemain asing itu ialah Bruno Matos (Brasil), Jakhongir Abdumuminov (Uzbekistan), dan Vinicius Lopes Neguete (Brasil). Sementara, pendaftaran pemain untuk LCA 2019 sendiri paling lambat hari ini, Senin (21/1) malam ini.

Menurut Direktur Media dan Digital PSSI Gatot Widakdo, saat ini pihaknya masih berusaha untuk melobi FIFA dan AFC. Induk sepak bola tanah air berharap kedua federasi sepak bola itu bisa memberikan dispensasi kepada Persija.

"Kami memang tidak bisa membuka jendela transfer dalam waktu dekat ini karena sesuai di FIFA peraturannya dua bulan sebelum kompetisi dimulai," kata Gatot.

Tak hanya komunikasi via telepon, PSSI juga telah mengirimkan surat resmi ke FIFA dan memberikan penjelasan agar Persija mendapat dispensasi.

PSSI tinggal berharap kepada AFC. Dia menunggu, surat balasan dari AFC agar tim Macan Kemayoran bisa secepatnya mendaftarkan pemain asing

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News