PSSI Serukan Klub-klub Tiru Arema

PSSI Serukan Klub-klub Tiru Arema
PSSI Serukan Klub-klub Tiru Arema
SURABAYA - Apresiasi cukup tinggi diberikan PSSI, menyusul diraihnya gelar juara Indonesia Super League (ISL) 2009-2010 oleh Arema. Tidak hanya apresiasi, PSSI bahkan menyerukan dan berniat akan "memaksa" pengelola klub-klub sepakbola di Indonesia untuk meniru sistem manajemen yang diterapkan Arema Indonesia.

"Selamat! Tapi, sebenarnya saya tidak heran kalau Arema juara. Karena dari semua lini (teknis dan non-teknis), semuanya berjalan cukup sempurna," tandas Nurdin Halid, Ketua Umum PSSI, kepada Malang Pos (grup JPNN), di kantornya, Rabu (26/5) sore.

Menurut Nurdin, prestasi yang diraih Arema tidak terlepas dari cara pengelolaan yang profesional, yang dilakukan lewat (nama) PT Arema Indonesia. Karenanya katanya, model pengelolaan Arema Indonesia itu sudah sama persis dengan model pengelolaan sepakbola modern di negara-negara industri sepakbola, seperti Inggris, Jerman, juga Italia.

Nurdin memaparkan, dasar-dasar yang menguatkan Arema menurutnya, antara lain adalah tim itu hidup dan berkembang tanpa sedikit pun bantuan dari APBD setempat. Sebaliknya, seluruh keuangan yang dibutuhkan Arema telah melibatkan pihak ketiga (sponsorship). Faktor kedua menurutnya, adalah betapa fans atau pendukung Arema sangat fanatik dan bisa memberi kontribusi sumber keuangan bagi Arema.

SURABAYA - Apresiasi cukup tinggi diberikan PSSI, menyusul diraihnya gelar juara Indonesia Super League (ISL) 2009-2010 oleh Arema. Tidak hanya apresiasi,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News