PT Ghalia dan Balebat Tanpa Security Printing

PT Ghalia dan Balebat Tanpa Security Printing
PT Ghalia dan Balebat Tanpa Security Printing
WAJAR jika Kemendikbud menjadi bulan-bulanan ketika pelaksanaan unas 2013 amburadul. Untuk mencetak naskah ujian yang bersifat rahasia dan kategori dokumen negara, mereka menyerahkan kepada percetakan yang tidak mengantongi sertifikat security printing.

Keterangan ini otomatis menggugurkan pernyataan Kemendikbud sebelum unas yang selalu mengungkapkan jika safety percetakan naskah ujian terjamin. Sebab seluruh percetakan telah memenuhi syarat security printing.

Kepala Badan Pengembangan dan Penelitian (Balitbang) Kemendikbud Khairil Anwar Notodiputro mengatakan jika dua dari enam pememang tender percetakan unas 2013 tidak bersertifkat security printing. ’’Ghalia (PT Ghalia Indonesia Printing) dan Balebat (PT Balebat Dedikasi Prima) memang tidak memiliki sertifikat security printing. Tetapi yang empat lainnya (PT Pura Barutama, PT Jasuindo Tiga Perkasa, PT Karya Wira Utama, dan PT Temprina Media Grafika) mempunyai sertifikat security printing,’’ kata dia.

Khairil akhirnya mengakui jika syarat peserta tender percetakan naskah unas tidak harus memiliki sertifikat security printing. Mendengar penjelasan ini, anggota Komisi X banyak yang terhenyak. Beberapa anggota mengkritik Kemendikbud, karena naskah unas itu bukan dokumen sembarangan. Tetapi dokumen negara dan bersifat rahasia.

WAJAR jika Kemendikbud menjadi bulan-bulanan ketika pelaksanaan unas 2013 amburadul. Untuk mencetak naskah ujian yang bersifat rahasia dan kategori

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News