PT Indonesia Power Berhasil Kembangkan Kalkulator Karbon

PT Indonesia Power Berhasil Kembangkan Kalkulator Karbon
PT Indonesia Power Berhasil Kembangkan Kalkulator Karbon

jpnn.com - JAKARTA - Anak perusahaan PT PLN, PT Indonesia Power (IP)  berhasil mengembangkan program kalkulator untuk menghitung emisi karbon dalsm aktivitas keseharian manusia. Kalkulator karbon itu merupakan perangkat lunak yang dibuat berdasarkan adaptasi kondisi Indonesia terhadap model carbon footprint.

Program ini dikembangkan bersama antara PT Indonesia Power, Kementerian Lingkungan Hidup, Greeners Magazine, dan Yayasan Pengembangan Biosains dan Bioteknologi. Menurut operator kalkultor karbon, Duta Kadayan, untuk menggunakan perangkat tersebut cukup mudah, yakni dengan memasukan data jumlah konsumsi bahan bakar kendaraan.

"Bisa bensin atau solar per hari, kemudian jumlah penggunaan LPG atau minyak tanah per hari, serta jumlah daya listrik PLN yang terpasang di rumah ditambah dengan jumlah tagihan listrik per bulan. Maka kalkulator karbon secara otomatis akan menghitung angka-angka tadi menjadi jumlah total emisi karbon yang dihasilkan oleh kita selama satu tahun," ujar Duta dalam siaran persnya, Jumat (3/10).

Selanjutnya, kalkulator karbon bakal mengeluarkan angka jumlah pohon sebagai bentuk kompensasi terhadap emisi karbon yang kita keluarkan. Dari total emisi karbon yang dihasilkan, maka kalkulator karbon akan menunjukkan jumlah pohon yang harus ditanam sebagai bentuk kompensasi.

“Artinya supaya emisi karbon itu nol atau hilang kita harus menanam sejumlah pohon sesuai perhitungan kalkultor karbon. Pohon yang ditanam harus pohon yang sudah berdiameter 20 centimeter atau kira-kira berumur lima tahun,” paparnya.

Kalkulator Karbon diluncurkan pertama kali di Bandung pada tahun 2007 dalam program 'Plant Trees Like Crazy' yang menghasilkan komitmen penanaman ribuan pohon di daerah aliran sungai (DAS) Citarum. Kakulator ini resmi digunakan mulai bulan Desember 2007, sebagai pendukung Konferensi Internasional untuk Perubahan Iklim ke-13 yang dilaksanakan di Bali. Sejak saat itu berbagai lembaga dan even memanfaatkan kalkulator karbon.(chi/jpnn)

 


JAKARTA - Anak perusahaan PT PLN, PT Indonesia Power (IP)  berhasil mengembangkan program kalkulator untuk menghitung emisi karbon dalsm aktivitas


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News