PT INKA Segera Uji Coba Kereta LRT Sumatera Selatan

PT INKA Segera Uji Coba Kereta LRT Sumatera Selatan
PT INKA, pabrik pembuatan Kereta LRT di Madiun. Foto dok humas

jpnn.com, MADIUN - PT INKA akan melakukan pengujian kereta Light Rail Transit (LRT) Palembang, Sumatera Selatan pada awal Mei 2018.

Direktur Produksi PT Inka Bayu Waskito mengatakan LRT Palembang ini akan menjadi moda transportasi terbaru di Indonesia untuk mendukung Asian Games 2018, yang digelar di Palembang pada Agustus mendatang.

“Uji coba ini merupakan tahapan yang harus dilakukan sebelum nanti Kereta LRT Palembang benar-benar siap beroperasi dan masyarakat bisa digunakan untuk mendukung mobilitas dan percepatan konektivitas masyarakat di Palembang," tutur Bayu Waskito saat meninjau pabrik pembuatan Kereta LRT di Madiun, Senin (7/5).

Untuk mendukung proses uji coba, lanjut dia, INKA telah mengirimkan dua trainset ke Palembang pada awal April 2018.

Pengiriman 6 trainset berikutnya akan dilakukan pada Juni 2018, sebagai kelengkapan dari total keseluruhan 8 trainset LRT Palembang tersebut.

"Saat keadaan penuh, kereta mampu membawa sekitar 379 penumpang, baik penumpang yang duduk maupun penumpang yang berdiri," tutur dia.

Bayu mengungkapkan, kereta yang tergolong teknologi baru di Indonesia ini menggunakan material badan kereta (carbody) berupa aluminium double skin atau ekstrusi. Dengan kecepatan rata-rata kereta LRT (Design Speed) adalah 100 km/jam dengan Operational Speed 80 Km/Jam.

“Nilai tambah dari sisi material yang dipakai antara lain kereta menjadi semakin ringan sehingga memenuhi syarat dioperasikan pada jalur rel atas (elevated track ) dan carbody anti karat," jelasnya.

Uji coba ini merupakan tahapan yang harus dilakukan sebelum nanti Kereta LRT Palembang siap beroperasi dan masyarakat bisa digunakan untuk mendukung Asian Games

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News