JPNN.com

PT Sekawan Sumber Sejahtera Prakarsai Program Pengelolaan Sengon ke Petani

Kamis, 28 Februari 2019 – 23:18 WIB
PT Sekawan Sumber Sejahtera Prakarsai Program Pengelolaan Sengon ke Petani - JPNN.com

jpnn.com - Melihat kebutuhan pasar yang baik untuk kayu sengon, mendorong perusahaan kayu lapis PT Sekawan Sumber Sejahtera di Temanggung, Jawa Tengah, mengaktifasi kegiatan membagikan bibit kayu sengon kepada para petani untuk menjadikan pohon sengon sebagai sumber pendapatan yang menguntungkan.

“Kami sebagai salah satu perusahaan pabrik kayu lapis di Temanggung, Jawa Tengah membutuhkan pasokan kayu yang cukup untuk mengisi kapasitas terpasang mesin-mesin pemrosesannya. Oleh karena itu, perusahaan mempunyai kegiatan dalam rangka mendorong para petani untuk menjadikan pohon sengon sebagai sumber pendapatan yang menguntungkan, dengan penyerahan bibit sengon,” kata Direktur Operasional PT Sekawan Sumber Sejahtera Budi Handoko di Temanggung, Jawa Tengah.

BACA JUGA: Dirut Perhutani Benahi Industri Kayu Lapis

Program bantuan bibit untuk petani ini bekerja sama dengan perangkat desa di Kabupaten Temanggung merupakan corporate sustainability program PT Sekawan Sumber Sejahtera yang berlangsung setiap tahun.

Dengan demikian, kebutuhan pasokan kayu sengon akan mudah didapatkan dengan sebaran petani yang membudidayakannya di wilayah yang terjangkau ke lokasi pabrik PT Sekawan Sumber Sejahtera.

“Kami menyambut baik program bantuan bibit ini. Di lokasi penanaman pohon sengon, petani juga bisa melakukan penanaman tumpang sari dengan tanaman kacang-kacangan dan sayuran. Ini merupakan perubahan cara pandang lama, dari menebang pohon yang ada, menggantinya dengan cara pandang baru, menanam pohon untuk ditebang kemudian,” kata Kepala Desa Rejosari, Temanggung, Jawa Tengah, Sriyono Budianto.

Selama ini, perusahaan kayu lapis ini sudah menjadi bank pohon, yang menyediakan bibit sengon berkualitas kepada para petani yang berminat untuk budidaya sengon, dengan petunjuk teknis untuk persemaiannya.

Sifat tumbuhnya lurus dan padat membuat mempunyai nilai jual yang cukup tinggi dan digunakan oleh industri.  Di antara 4 jenis sengon yakni buto, laut, solomon, dan tekek. Sengon tekek merupakan jenis yang banyak digunakan untuk pembuatan kertas dan kayu lapis.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
ridha