PTPN 2 Kembali Tebar Santunan Hari Tua, Transformasi BUMN Dinilai Berhasil

PTPN 2 Kembali Tebar Santunan Hari Tua, Transformasi BUMN Dinilai Berhasil
Dosen dari Departemen Pembangunan Sosial dan Kesejahternaan Fisipol UGM Fina Itriyati menilai transformasi BUMN di bawah kepemimpinan Menteri BUMN Erick Thohir berhasil. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Dosen dari Departemen Sosiologi Fisipol UGM Fina Itriyati menilai transformasi BUMN di bawah kepemimpinan Menteri BUMN Erick Thohir berhasil.

Menurutnya, komitmen yang kuat dari Menteri Erick Thohir telah ditunjukkan dan berdampak pada karyawan BUMN maupun dana pensiun BUMN.

Salah satu hasil nyata dari transformasi dan pembenahan BUMN adalah PTPN 2 yang berhasil membayarkan santunan hari tua.

Padahal selama kurun waktu 10 tahun terakhir ini, PTPN 2 kesulitan untuk membayar santunan hari tua yang menjadi hak karyawan yang sudah memasuki masa purna bakti.

Selama ini, kata Fina, manajemen beranggapan santunan hari tua sudah merupakan bagian dari jaminan hari tua melalui BPJS Tenaga Kerja. Padahal santunan hari tua yang ada di BUMN bukan merupakan bagian dari jaminan hari tua BPJS Tenaga kerja.

Sebab, dana santunan hari tua karyawan BUMN diperoleh dari iuran perusahaan BUMN atau potongan dari karyawan BUMN yang dipungut selama ia bekerja di perusahaan milik negara tersebut


"Pembayaran santunan hari tua ini telah menunjukan komitmen yang kuat dari Menteri Erick dan jajaran Kementrian BUMN untuk memperhatikan karyawan yang sudah pensiun," ujar Fina di Jakarta, Sabtu (6/5).

Fina pun mengapresiasi keberhasilan Menteri Erick Thohir melakukan transformasi kepada pensiunan BUMN.

Dosen UGM Fina Itriyati menilai transformasi BUMN di bawah kepemimpinan Menteri BUMN Erick Thohir berhasil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News