PTS Bikin Ujian Masuk Bersama

PTS Bikin Ujian Masuk Bersama
PTS Bikin Ujian Masuk Bersama
JAKARTA - Pengesahan UU Badan Hukum Pendidikan (UU BHP) membuat persaingan perguruan tinggi negeri (PTN) dengan perguruan tinggi swasta (PTS) kian ketat. Untuk mengantisipasi berkurangnya minat pendaftar, 27 PTS pada tahun ajaran 2009-2010 bakal melaksanakan ujian masuk bersama perguruan tinggi (UMB PT). Ujian yang dikoordinasi Perhimpunan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Nusantara (PSPMBN) tersebut diadakan dua kali. Yaitu, pada 14 Februari 2009 dan 11 Juli 2009.

''Ujian masuk bersama ini adalah yang pertama untuk perguruan tinggi swasta,'' kata Koordinator PSPMBN Usman Chatib Warsa saat jumpa pers di Kantor PSPMBN, Jakarta, Kamis (8/1).

Menurut Usman, nanti PTS berfungsi sebagai panitia lokal penyelenggara ujian. Dengan begitu, calon mahasiswa cukup mendaftar ke PTS terdekat dan ikut ujian di sana. ''Calon mahasiswa tidak perlu keluar banyak biaya jika ingin mendaftar ke PTS yang jauh dari daerahnya,'' ujarnya.

Ke-27 PTS tersebut merupakan bagian dari 50 PTS terbaik di Indonesia berdasar daftar Depdiknas. PTS peserta UMB PT terbagi ke dalam tiga regional. Regional I terdiri atas 14 PTS, regional II lima PTS, dan di regional III delapan PTS. Usman mengatakan, dalam UMB-PTS terdapat 361 program studi terdiri atas 188 kelompok ilmu pengetahuan alam (IPA) dan 173 kelompok ilmu pengetahuan sosial (IPS).

JAKARTA - Pengesahan UU Badan Hukum Pendidikan (UU BHP) membuat persaingan perguruan tinggi negeri (PTN) dengan perguruan tinggi swasta (PTS) kian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News