Puan Ancang-ancang Nyaleg, Mendagri Tjahjo Minat Juga?

Puan Ancang-ancang Nyaleg, Mendagri Tjahjo Minat Juga?
Menko PMK Puan Maharani. Foto: Natalia Fatimah Laurens/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani tengah ancang-ancang untuk mencalonkan diri sebagai anggota legislatif alias nyaleg di Pemilu 2019.

Namun ketua DPP PDI Perjuangan itu mengaku belum mendaftarkan diri. Pasalnya, masih ada waktu untuk daftar jika dirinya positif untuk maju. Kalaupun jadi, Puan merasa memerlukan persiapan khusus karena sudah pernah menjadi caleg dan duduk di parlemen.

"Belum (daftar). Kan nanti pendaftarannya terakhir tanggal 17 Juli. Kan saya sudah dua kali jadi caleg, tapi tinggal copy paste saja,” ucap Puan di Istana Bogor, Senin (9/7).

Puan menyebutkan bahwa partainya membuka peluang bagi siapa saja yang mau menjadi caleg lewat partai berlambang banteng hitam moncong putih. Karenanya, dia tinggal memutuskan apakah jadi nyaleg atau tidak. Ya tinggal lihat nanti gimana," pungkas Puan.

Bagaimana dengan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, minat nyaleg juga?

"Begini ya, ada perintah partai dan ada garis presiden. Sekarang permasalahannya sebagai mendagri kalau saya punya label caleg, bagaimana mau ketemu KPU, ketemu Bawaslu, ketemu semua kan,” jawabnya diplomatis.

Namun saat ditanya apakah dia tidak akan nyaleg, secara pribadi Tjahjo menyatakan tidak. Akan tetapi dia masih melihat perkembangan politik apalagi belum ada perintah dari partainya untuk maju.

"Secara pribadi saya tidak. Tapi lihat perkembangan bagaimana. Kan belum tahu (diperintah partai atau tidak). Belum ada perintah kok," jelas mantan sekjen DPP PDIP itu.(fat/jpnn)


Menko PMK Puan Maharani tengah ancang-ancang untuk mencalonkan diri sebagai anggota legislatif alias nyaleg di Pemilu 2019.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News